Share

KPK Siap Bantu Usut Kasus Penyelundupan Moge Eks Dirut Garuda

Arie Dwi Satrio, Okezone · Jum'at 06 Desember 2019 14:02 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 06 337 2138724 kpk-siap-bantu-usut-kasus-penyelundupan-moge-eks-dirut-garuda-x1x84laOty.jpg Wakil Ketua KPK, Saut Situmorang (Foto: Okezone.com/Heru Haryono)

JAKARTA - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Saut Situmorang mengaku pihaknya belum bisa ikut campur terlalu jauh dalam kasus dugaan penyelundupan motor gede (moge) Harley Davidson dan sepeda jenis Brompton di dalam pesawat Garuda Indonesia jenis A3390-900. Sebab, kasus tersebut saat ini sedang ditangani oleh pihak Bea dan Cukai.

Kendati demikian, kata Saut, KPK bisa saja melakukan supervisi dalam segi penindakan jika pihak Bea dan Cukai meminta bantuan lembaga antirasuah. Diketahui, kasus dugaan penyelundupan tersebut berujung pada pemecatan I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra sebagai Direktur Utama (Dirut) PT Garuda Indonesia.

"Yang sudah ditangani oleh aparat penegak hukum lainya kita tidak bisa masuk, namun bisa kita supervisi bila ada masalah dalam penindakannya," kata Saut saat dikonfirmasi wartawan, Junat (6/12/2019).

Sekadar informasi, Menteri BUMN, Erick Thohir resmi memecat I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra sebagai Direktur Utama (Dirut) PT Garuda Indonesia. I Gusti Ngurah Askhara diduga sengaja menyelundupkan barang-barang Harley Davidson dan sepeda Brompton menggunakan maskapai penerbangannya.

Penyelundupan itu diungkap oleh pihak Bea dan Cukai yang menemukan adanya laporan kejanggalan terkait barang-barang Harlet Davidson dan sepeda Brompton dalam pesawat.

Menurut Saut, pihaknya belum menemukan unsur tindak pidana korupsi dalam penyelundupan barang-barang Harley Davidson tersebut. Sebab, sambung Saut, barang-barang yang diduga diselundupkan oleh I Gusti Ngurah Askhara belum tentu gratifikasi.

"Jadi, ini bukan gratifikasi saya kira," kata Saut.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini