Gelar Rakernas, PAN Akan Adakan Kongres Awal Tahun 2020

Puteranegara Batubara, Okezone · Kamis 05 Desember 2019 17:17 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 05 337 2138395 gelar-rakernas-pan-akan-adakan-kongres-awal-tahun-2020-LDf48I2WCq.jpg Politisi PAN, Saleh Partaonan (Foto: Sindo)

JAKARTA - Partai Amanat Nasional (PAN) akan menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) pada 7 Desember 2019 mendatang di daerah Jakarta Pusat. Acara itu akan mengusung tema 'Bersatu Meraih Kemenangan'.

Ketua Steering Committee (Panitia Pengarah) Rakernas PAN 2019, Saleh Partaonan Daulay mengungkapkan, Rakernas itu hanya akan membahas persiapan Kongres PAN.

"PAN direncanakan akan melaksanakan rakernas ke-5 di Jakarta. Rakernas kali ini sangat spesifik karena hanya ingin menetapkan tempat dan jadwal pelaksanaan kongres PAN. Diharapkan, rakernas ini dapat terlaksana dengan baik sesuai dengan yang diagendakan," kata Saleh dalam jumpa pers di Kantor DPP PAN, Jakarta Selatan, Kamis (5/12/2019).

 Baca juga: Jelang Kongres PAN, Zulhas Kembali Didorong Jadi Ketum

Di dalam AD/ART PAN, kata Saleh, disebutkan bahwa masa bakti setiap kepengurusan adalah selama-lamanya lima tahun. Atas dasar itu, di dalam rapat panitia pengarah beberapa hari yang lalu, ditetapkan bahwa pelaksanaan kongres akan dilaksanakan pada kisaran bulan Februari dan Maret 2020.

"Sementara tanggal pelaksanaannya diserahkan pada permusyawaratan di rakernas nanti," tutur Saleh.

Terkait pelaksanaan kongres, DPP PAN memberikan kesempatan kepada seluruh wilayah untuk mengajukan diri sebagai tuan rumah. Mereka diminta untuk mengajukan surat kesediaan dan proposal menjadi tuan rumah.

Setelah itu, DPP PAN nantinya akan memilih beberapa di antaranya yang dinilai memiliki kualifikasi berdasarkan proposal yang diajukan. Beberapa wilayah tersebut selanjutnya dibawa ke rakernas untuk dipilih salah satu di antaranya sebagai tuan rumah.

Adapun rakernas ini akan diikuti oleh peserta yang terdiri dari pengurus harian DPP PAN, ketua MPP, Ketua Mahkamah Partai, Ketua dan Sekretaris DPW. Selain itu, ketua-ketua DPD se-Indonesia akan diundang sebagai peninjau.

"Sementara itu, anggota legislatif dan kader yang menduduki jabatan di eksektutif juga akan diundang. Diharapkan semuanya dapat memberikan masukan yang konstruktif bagi persiapan pelaksanaan kongres yang akan datang," papar Saleh.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini