nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jalan Mulus Airlangga Pertahankan Kursi Ketua Umum Golkar

Fahreza Rizky, Jurnalis · Kamis 05 Desember 2019 14:05 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 12 05 337 2138288 jalan-mulus-airlangga-pertahankan-kursi-ketua-umum-golkar-Fg2d2aObSc.jpg Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (Foto: DPP Golkar)

JAKARTA - Airlangga Hartarto terpilih lagi menjadi Ketua Umum Partai Golkar periode 2019-2024 secara aklamasi dalam Musyawarah Nasional (Munas) X Partai Golkar di Hotel Ritz Carlton, Kuningan, Jakarta Selatan.

Pencalonan kembali Airlangga untuk memperebutkan kursi Golkar 1 terbilang mulus, meskipun ada sedikit 'drama' yang membumbui perjalanan politik pada forum tertinggi partai berlambang pohon beringin.

Baca Juga: Pasca Jadi Ketum Golkar, Airlangga Bakal Tempatkan Posisi Kehormatan untuk Luhut dan JK

Airlangga ditetapkan kembali jadi Ketua Umum Golkar setelah 558 pemilik suara memilihnya dalam rapat paripurna VI Golkar. Prosesi pemilihan Airlangga yang semestinya berlangsung hari ini, Kamis (5/12/2019), maju satu hari jadi Rabu 4 Desember 2019 malam.

Munas Golkar

Lebih cepatnya waktu pemilihan disebabkan karena hanya ada satu calon ketua umum. Dengan kondisi itu, forum menyepakati perubahan jadwal pemilihan dan menetapkan Airlangga melanjutkan kepemimpinan Golkar 1.

Satu per Satu Caketum Tumbang 

Sebelum Airlangga terpilih, sejumlah drama politik di balik pemilihan pucuk pimpinan Golkar terus bergejolak. Kencangnya gejolak terjadi sebelum pembukaan Munas X Golkar pada Selasa 3 Desember 2019.

Baca Juga: Agenda Munas X Golkar Hari Ini: Rapat Komisi hingga Penutupan oleh Wapres Ma'ruf Amin

Mulanya terdapat sembilan kader yang mendaftar menjadi bakal calon Ketua Umum Golkar periode 2019-2024. Mereka antara lain Bambang Soesatyo (Bamsoet), Airlangga Hartarto, Ali Yahya, Ridwan Hisjam, Indra Bambang Utoyo, Agun Gunandjar Sudarsa, Achmad Annama, Derek Lopatty, dan Aris Mandji.

Pernyataan mengejutkan keluar dari mulut Bamsoet. Ia menyatakan undur diri dari bursa pencalonan dengan alasan demi soliditas partai. Pengunduran diri ini diungkapkan setelah Ketua MPR itu bertemu para senior Golkar. Padahal, Bamsoet merupakan rival kuat sang petahana Airlangga Hartarto.

Komite Pemilihan Munas X Golkar menyatakan ada empat kader yang dinyatakan tidak memenuhi syarat administrasi pencalonan. Mereka yang tak lolos antara lain Indra Bambang Utoyo, Aris Mandji, Ahmad Anama dan Derek Loupatty.

Sementara itu, Komite Pemilihan menyatakan lima nama lainnya memenuhi syarat pencalonan. Mereka antara lain Airlangga Hartarto, Bamsoet, Ridwan Hisjam, Ali Yahya dan Agun Gunandjar Sudarsa.

Bamsoet bisa dibilang sudah mundur dari bursa pencalonan kendati telah dinyatakan memenuhi syarat. Calon lainnya, Agun Gunandjar dan Ali Yahya juga mengikuti langkah Bamsoet mengundurkan diri.

Dengan kondisi tersebut, maka hanya tersisa dua orang bakal calon ketua umum Golkar yang akan 'bertarung' di forum tertinggi partai. Mereka adalah Airlangga dan Ridwan Hisjam.

Ridwan Hisjam mengaku tidak akan mundur dari pencalonan. Ia menyerahkan kelanjutan pencalonannya pada forum. Apabila syarat dukungan terpenuhi oleh forum, maka ia akan terus maju.

Namun sayang, suara forum Munas mengarah total kepada Airlangga. Ridwan Hisjam pun dengan sendirinya gugur dari pencalonan karena tidak memenuhi syarat dukungan 30%. Walhasil, Airlangga dikukuhkan secara aklamasi menjadi Ketum Golkar periode 2019-2024.

Munas Berlanjut

Kendati Airlangga telah ditetapkan menjadi ketua umum Golkar, forum Munas X tetap berlanjut pada hari ini, Kamis. Agenda Munas kali ini yakni rapat komisi-komisi.

Berdasarkan pantauan Okezone di lokasi, rapat komisi-komisi digelar tertutup. Lalu forum men skors rapat untuk istirahat, salat dan makan (ishoma). Setelah itu, rapat kembali dilanjutkan.

Pengurus Golkar demisioner, Ace Hasan Syadzily mengatakan forum menggelar rapat untuk membahas tiga komisi, yakni Komisi A membahas organisasi dan rekomendasi. Kemudian, Komisi B membahas program umum, dan Komisi C membahas pernyataan politik.

Ace mengonfirmasi bahwa Munas X Golkar akan ditutup malam ini oleh Wakil Presiden RI KH Ma'ruf Amin. Dengan begitu, rangkaian forum tertinggi partai ini akan berakhir. "Ya insya Allah akan ditutup malam ini. Nanti malam jam 19.00 akan ditutup oleh Wapres, KH Ma’ruf Amin," katanya kepada Okezone.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini