nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Airlangga Ingin Pisahkan Pilpres & Pileg, PKS: Perlu Kajian Mendalam

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Kamis 05 Desember 2019 10:08 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 12 05 337 2138190 airlangga-ingin-pisahkan-pilpres-pileg-pks-perlu-kajian-mendalam-imFXuLI1l9.JPG Ketum DPP Partai Golkar, Airlangga Hartarto (Foto: Instagram/@airlanggahartarto4.0))

JAKARTA - Airlangga Hartarto resmi ditetapkan menjadi Ketua Umum Partai Golkar periode 2019-2024 usai menjadi calon tunggal dalam Munas Partai Golkar. Ia pun menyampaikan beberapa rekomendasi politik untuk dijalankan oleh kepengurusan selanjutnya.

Salah satunya, ia ingin memisahkan penyelenggaraan Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres). Menanggapi hal itu, Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Suhud Alynudin mengaku setuju. Namun, hal itu masti dibarengi dengan perbaikan sistem.

“Namun, perlu kajian mendalam, karena pemilu sebelumnya dilakukan terpisah kemudian diubah menjadi serentak karena dianggap bisa menghemat biaya pemilu. Jadi, kalau sekadar mengembalikan sistem pemilu tanpa memperbaiki aspek lainnya, kita akan kembali menemukan problem yang sama,” ungkap Suhud saat berbincang dengan Okezone di Jakarta, Kamis (5/12/2019).

Dirinya juga menekankan perbaikan sistem demokrasi harus lebih diutamakan demi menguatkan pemilu di Indonesia.

Ilustrasi Pencoblosan

“Yang terpenting sebetulnya, perubahan atau perbaikan sistem itu harus berorientasi pada penguatan sistem demokrasi yang kita anut,” tandasnya.

Sebelumnya, Airlangga Hartarto sah ditetapkan menjadi ketua umum Partai Golkar periode 2019-2024. Ia terpilih sebagai ketum setelah menjadi calon tunggal dalam Musyawarah Nasional (Munas) X Partai Golkar.

Penetapan Airlangga menjadi ketua umum Golkar lebih cepat dari jadwal yang ditentukan. Hal itu dikarenakan hanya ada satu calon sehingga peserta munas sepakat memajukan agenda kegiatan yakni Rapat Paripurna VI dengan agenda pemilihan ketum.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini