nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

ICW Kritik MA yang Mempersingkat Hukuman Idrus Marham

Achmad Fardiansyah , Jurnalis · Kamis 05 Desember 2019 07:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 12 05 337 2138143 icw-kritik-ma-yang-mempersingkat-hukuman-idrus-marham-RAufWqSIDQ.jpg Idrus Marham. (Foto: Dok Okezone/Arie Dwi Satrio)

JAKARTA – Indonesia Corruption Watch (ICW) memberikan kritik kepada Mahkamah Agung (MA) yang justru mempersingkat hukuman terdakwa korupsi Idrus Marham mencerminkan upaya memberi efek jera kepada koruptor masih jauh dari harapan.

Peneliti dari ICW Kurnia Ramadhana mengatakan kondisi peradilan Indonesia memang belum banyak berubah. Tren memberikan vonis ringan untuk pelaku korupsi masih sering terjadi.

Baca juga: Pemangkasan Hukuman Idrus Marham Dinilai Runtuhkan Citra MA 

"Jadi cita-cita negara ingin memberikan efek jera bagi pelaku korupsi masih jauh dari harapan," kata Kurnia ketika berbincang dengan Okezone, Kamis (5/12/2019).

Ia mengungkapkan tidak hanya mantan menteri sosial, Idrus Marham, yang hukumannya diperingan. ICW mencatat MA juga memutus bebas terdakwa kasus BLBI, Syafruddin Arsyad Tumenggung.

Baca juga: Hukuman Idrus Marham Disunat MA, ICW: Peradilan Indonesia Belum Banyak Berubah 

"Selain data tren vonis tersebut, untuk kasus yang menarik perhatian publik dapat juga melihat ketika MA memberikan putusan lepas terdakwa BLBI, Syafruddin Arsyad Tumenggung, beberapa waktu lalu. Padahal yang bersangkutan diduga merugikan keuangan negara sebesar Rp4,58 triliun," tegasnya.

Tidak hanya itu, lanjut Kurnia, pada tingkat peninjauan kembali pun MA kerap menunjukkan ketidakberpihakan pada sektor pemberantasan korupsi.

Baca juga: MA Pangkas Hukuman Idrus Marham, KPK Singgung Efek Jera bagi Koruptor 

Sepanjang 2007 sampai 2018, ICW mencatat setidaknya ada 101 narapidana kasus korupsi dibebaskan oleh MA.

"Jadi pengurangan hukuman bagi Idrus Marham dipastikan akan meruntuhkan citra MA di mata publik. Sebab sebagai pihak yang terdampak langsung akibat kejahatan korupsi, masyarakat menantikan putusan yang benar-benar mencerminkan rasa keadilan," tegasnya.

Baca juga: KPK Kecewa MA Potong Hukuman Idrus Marham Jadi 2 Tahun Penjara 

Oleh karena itu, MA harus berbenah. Ia menilai sepertinya ada ketidaksatuan pandangan terhadap pemberantasan kejahatan korupsi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini