nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

MA Pangkas Hukuman Idrus Marham, MAKI: Tidak Sejalan dengan Asas Keadilan

Achmad Fardiansyah , Jurnalis · Kamis 05 Desember 2019 06:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 12 05 337 2138127 ma-pangkas-hukuman-idrus-marham-maki-tidak-sejalan-dengan-asas-keadilan-TH1Hceassq.jpg Idrus Marham. (Foto: Dok Okezone/Arie Dwi Satrio)

JAKARTA – Masyarakat Anti-Korupsi Indonesia (MAKI) menilai putusan Mahkamah Agung (MA) yang mengganjar ringan terdakwa kasus korupsi proyek PLTU Riau-1, Idrus Marham, tidak sejalan dengan asas keadilan dan komitmen pemerintah dalam pemberantasan korupsi.

"MA enggak sejalan dengan asas keadilan," kata Koordinator MAKI Boyamin Saiman ketika berbincang dengan Okezone, Kamis (5/12/2019).

Baca juga: MA Potong Hukuman Penjara Idrus Marham Jadi 2 Tahun 

Ia menilai keputusan MA terhadap mantan menteri sosial tersebut menandakan pemerintah sangat plin-plan dalam pemberantasan korupsi yang selalu digembar-gemborkan.

"Justru MA tidak bantu tugas pemerintah berantas korupsi, malah memperingan. Di negara maju tinggi di atas 10 tahun," tutur Boyamin.

Baca juga: KPK Kecewa MA Potong Hukuman Idrus Marham Jadi 2 Tahun Penjara 

Dirinya menilai hukuman yang diberikan kepada Idrus Marham layaknya untuk seorang copet pasar atau penipu kacangan.

"Masak selevel menteri yang korupsi hukumnya kayak pelaku pencuri kecil, kaya penipuan dan penggelapan, padahal korban koruptor itu semua rakyat Indonesia," tegasnya.

Oleh karena itu, jika hal ini terus-menerus dibiarkan maka dikhawatirkan terjadi penurunan kepercayaan masyarakat terhadap peradilan di Indonesia.

"Masyarakat jadi malas. MA ini harus jaga rasa keadilan," tuturnya.

Baca juga: Pemangkasan Hukuman Idrus Marham Dinilai Runtuhkan Citra MA 

Gedung Mahkamah Agung (MA). (Dok Okezone)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini