nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Airlangga Hartarto Sah Menjadi Ketua Umum Golkar 2019-2024

Muhamad Rizky, Okezone · Kamis 05 Desember 2019 00:21 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 12 05 337 2138101 airlangga-hartarto-sah-menjadi-ketua-umum-golkar-2019-2024-AbomCzrOA7.jpg Airlangga Hartarto ditetapkan menjadi ketum Golkar 2019-2024. (Foto: Muhamad Rizky/Okezone)

JAKARTA – Airlangga Hartarto sah ditetapkan menjadi ketua umum Partai Golkar periode 2019-2024. Ia terpilih sebagai ketum setelah menjadi calon tunggal dalam Musyawarah Nasional X Partai Golkar.

Penetapan Airlangga menjadi ketua umum Golkar lebih cepat dari jadwal yang ditentukan. Hal itu dikarenakan hanya ada satu calon sehingga peserta munas sepakat memajukan agenda kegiatan yakni Rapat Paripurna VI dengan agenda pemilihan ketum.

Baca juga: Akbar Tanjung: Airlangga Sebaiknya Merangkul Pendukung Bamsoet 

"Di dalam tatib yang telah disahkan dalam Rapat Paripurna I, dalam jadwal bahwa kita harusnya masuk dalam Rapat Paripurna V berkenaan dengan agenda komisi. Saya mohon persetujuan untuk memajukan Rapat Paripurna VI dalam hal ini untuk penetapan, setuju?" tanya Ketua Sidang Munas X Partai Golkar Azis Syamsudin, Rabu 4 Desember 2019.

Peserta sidang yang hadir pun menyetujui usulan tersebut. Azis kemudian menawarkan kepada peserta sidang untuk langsung mengesahkan calon tunggal ketua umum yakni Airlangga Hartarto lantaran tidak ada calon lain.

"Kami sampaikan rapat dan keputusan di dalam forum ini dalam rangka membacakan calon dari 558 pemilik suara hanya ada satu calon, apakah ada calon lain dalam forum? Tidak," tuturnya.

Baca juga: Airlangga Didukung Lanjutkan Pimpin Partai Golkar dan Nyapres di 2024 

Azis kemudian kembali menawarkan kepada peserta sidang, apakah peserta sepakat langsung ingin langsung menetapkan Airlangga Hartarto menjadi ketua umum terpilih 2019–2024.

"Karena ini dalam suasana sejuk, tidak ada calon lain, sepakatkah dalam forum rapat Munas X ini untuk mempersingkat untuk menetapkan sebagai ketua umum Partai Golkar periode 2019–2024?" tanya Azis.

Peserta yang mendengarkan itu pun langsung kompak menyetujui usulan tersebut dan mengukuhkan Airlangga sebagai ketua umum terpilih. "Setuju," ujar peserta munas.

Anggota pimpinan sidang, Sarmuji, kemudian membacakan dan menetapkan Airlangga Hartarto menjabat posisi ketua umum Partai Golkar periode 2019–2024.

Baca juga: Airlangga Ingin Golkar Revisi UU Pemilu Pisahkan Pileg dan Pilpres 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini