nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lelang Jabatan Kajari-Kajati Dapat Tingkatkan Profesionalitas

Fahreza Rizky, Jurnalis · Rabu 04 Desember 2019 21:45 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 12 04 337 2138084 lelang-jabatan-kajari-kajati-dapat-tingkatkan-profesionalitas-sIqEBlYsQs.jpg Foto Ilustrasi Okezone

JAKARTA - Jaksa Agung Sanitiar (ST) Burhanuddin akan menggelar lelang jabatan untuk posisi kepala kejaksaan negeri (kajari) dan kepala kejaksaan tinggi (kejati). Program tersebut dinilai tepat karena dapat mendorong profesionalitas kinerja.

"Lelang jabatan ini tentu saja akan meningkatkan dan mendorong profesionalitas, sebab kompetisi positif dan uji publik membutuhkan prestasi kinerja, kompetensi yang dapat dinilai secara terbuka, transparan dan objektif," kata Ketua Komisi Kejaksaan RI, Barita LH Simanjuntak kepada Okezone, Rabu (4/12/2019).

 Baca juga: Jaksa Agung Buka Lelang Jabatan untuk Kajari dan Kajati

Barita mengapresiasi program lelang jabatan Kajari dan Kajati. Menurut dia ini merupakan langkah tepat dan sudah lama didambakan para jaksa. Selain itu, program ini dinilai sebagai penerapan reformasi birokrasi dan revolusi mental di Korps Adhyaksa.

"Dengan demikian para jaksa dan pegawai Kejaksaan memiliki keyakinan bahwa ada karir yang pasti dan terukur sehingga institutional trust oleh para jaksa dan pegawai kejaksaan semakin tinggi. Kebijakan ini menjadi hal positif karena semua akan terukur karirnya. Jadi tidak ada lagi yang tidak transparan dan tidak bisa diuji publik," tuturnya.

 Baca juga: Kejagung Akan Binasakan Oknum Jaksa yang Lakukan Pemerasan

Namun demikian, pihaknya menyarankan agar proses lelang jabatan terbuka itu mencantumkan kriteria umum dengan spesifikasi assessment, khususnya terhadap kebutuhan di masing-masing kepala kejaksaan tinggi maupun kepala kejaksaan negeri sesuai karakteristik wilayah hukum kejaksaan setempat.

"Kebutuhan pimpinan tentu memastikan seluruh target kinerja tercapai dan wajib disinergikan dengan kebutuhan masyarakat. Untuk itulah uji publik dan target kinerja yang jelas akan menjadi standar yang komprehensif melalui lelang jabatan," kata Barita.

Sebagaimana diberitakan, program lelang jabatan untuk posisi kepala kejaksaan negeri dan kepala kejaksaan tinggi disampaikan Jaksa Agung dalam Rakernas Kejagung RI.

Uji publik lelang jabatan ini rencananya akan digelar di Jakarta pada 16 Desember 2019 mendatang yang dimulai dari kejaksaan di wilayah DKI Jakarta sebagai pilot project. Para calon nantinya akan diuji kemampuan, dan yang terpilih akan menduduki jabatan tersebut. Setelah uji coba nanti, program lelang jabatan tersebut akan diterapkan di seluruh Indonesia.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini