nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lukman Hakim Berkilah soal Kecocokan dengan Haris Hasanuddin

Arie Dwi Satrio, Okezone · Rabu 04 Desember 2019 19:21 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 12 04 337 2138020 lukman-hakim-berkilah-soal-kecocokan-dengan-haris-hasanuddin-ZrDqkz00fr.jpg Eks Menag Lukman Hakim (Foto: Okezone)

JAKARTA - Mantan Menteri Agama (Menag), Lukman Hakim Saifuddin berkilah saat dikonfirmasi oleh Jaksa penuntut umum pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait kecocokannya dengan Haris Hasanuddin menjabat sebagai Kakanwil Kemenag Jawa Timur.

Dalam perkara ini, Haris Hasanuddin merupakan terpidana pemberi suap mantan Ketum PPP, Romahurmuziy alias Romi.

Kilahan itu diungkapkan Lukman Hakim Saifuddin saat bersaksi dalam sidang perkara dugaan jual-beli jabatan di lingkungan Kemenag untuk terdakwa Romahurmuziy yang digelar di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Rabu (4/12/2019).

Awalnya, Jaksa penuntut umum pada KPK, Wawan Yunarwanto membacakan Berita Acara Pemeriksaan (BAP) Lukman saat diperiksa penyidik. Dalam BAP-nya, Lukman mengakui sudah merasa cocok dengan Haris Hasanuddin. Padahal, terdapat empat nama termasuk Haris dalam seleksi Kakanwil Kemenag Jawa Timur.

"Terkait seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) yang sedang berlangsung, saya pernah menyampaikan kepada Sekretaris Jenderal Kemenag Nur Kholis yang pada intinya dari empat orang kandidat itu saya hanya cocok dengan Haris Hasanuddin karena dia sudah menjabat sebagai Plt Kakanwil Jawa Timur," kata Jaksa Wawan saat membacakan BAP Lukman Hakim.

Lukman Hakim

Baca Juga: Mantan Menag Lukman Hakim Bersaksi di Sidang Romi

Menanggapi hal itu, Lukman berkilah. Kata Lukman, dia dan Nur Kholis tidak hanya membahas posisi Kakanwil Kemenag Jawa Timur. Ia berujar, ada sekira 12 Jabatan Pimpinan Tinggi (PJT) di Kemenag lainnya yang dibahas dengan Nur Kholis.

"Iya itu konteksnya, ketika saudara Nur Kholis mendiskusikan tentang proses seleksi. Jadi ketika itu kanwil jawa timur bukanlah satu-satunya. Ada sekitar 12 sampai 13, banyak JPT lain," ujarnya.

Kemudian, dibeberkan Lukman, Nur Kholis menyodorkan empat nama yang akan mengisi jabatan Kakanwil Kemenag Jatim. Dari empat nama yang disodorkan Nur Kholis, kata Lukman, hanya Haris Hasanuddin yang memang dikenalnya.

"Jadi konteksnya dalam kaitannya ketika ditanya siapa yang dikenal. Maka saya katakan tentu saya tidak kenal tiga yang lain," ujar Lukman.

Sekadar informasi, Romahurmuziy didakwa menerima suap dari mantan Kepala Kanwil Kemenag Jatim, Haris Hasanuddin dan mantan Kepala Kantor Kemenag Gresik, M Muafaq. Wirahadi. Jaksa KPK menyebut perbuatan itu dilakukan Rommy bersama-sama Menag Lukman Hakim.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini