Jokowi Minta Jajarannya Punya Terobosan dalam Pengelolaan Cadangan Beras

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Rabu 04 Desember 2019 16:40 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 04 337 2137945 jokowi-minta-jajarannya-punya-terobosan-dalam-pengelolaan-cadangan-beras-WycBF1BzP0.jpg Presiden Jokowi (Foto: Ist)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta jajarannya agar mempunyai terobosan baru dalam pengelolaan cadangan beras di Indonesia. Regulasinya pun harus segera diselesaikan agar bisa lebih efektif dan efesien.

"Saya minta regulasinya dan segera diselesaikan dan dibereskan, dibuat pola-pola baru dan terobosan baru," kata Jokowi saat memberikan arahannya dalam rapat terbatas 'Pengelolaan Cadangan Beras Pemerintah' di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (4/12/2019).

Kepala Negara ingin adanya penguatan data yang bisa menjadi keputusan dalam pengambilan keputusan apakah pemerintah perlu melakukan impor beras apa tidak. "Ini menjadi koreksi dan langkah perbaikan yang akan kita lakukan," tutur dia.

Baca Juga: Jokowi Minta Kebijakan Negara Amalkan Nilai-Nilai Pancasila 

Ilustrasi Foto: Ist

Jokowi ingin manajemen logistik beras bisa berjalan dengan baik lantaran produksi beras dalam negeri tidak merata di seluruh Tanah Air.

"Beras Bulog ada yang surplus dan defisit. Sehingga aspek ketersediaan menjadi hal yang penting, juga keterjangkauan terhadap pasokan juga penting. Saya melihat kuncinya efesiensi dan kehandalan dalam manajemen logistik," papar dia.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu meminta jajarannya membenahi pengelolaan cadangan beras penerintah, hingga meminimalisir adanya penumpukan stok beras yang tidak tersalurkan.

"Ini harus jauh-jauh hari kita pikirkan dan kita putuskan di samping meningkatkan biaya perawatan juga akan berpotensi menurunkan penumpukan beras yang ada," ujarnya.

Baca Juga: Istana: Stafsus Milenial Beri Masukan untuk Pidato Jokowi

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini