nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Airlangga Didukung Lanjutkan Pimpin Partai Golkar & Nyapres di 2024

Fahreza Rizky, Jurnalis · Rabu 04 Desember 2019 16:10 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 12 04 337 2137928 airlangga-didukung-lanjutkan-pimpin-partai-golkar-nyapres-di-2024-L0hYrUQJja.jpg Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto (Foto : DPP Golkar)

JAKARTA - Rapat paripurna III Musyawarah Nasional (Munas) X Partai Golkar berisi agenda mendengarkan pandangan umum DPD tingkat I dan II terkait laporan pertanggung jawaban (LPJ) DPP Golkar periode 2014-2019 yang dibacakan Airlangga Hartarto.

Hasilnya, sejumlah DPD menerima LPJ tersebut dan meminta Airlangga untuk kembali menjadi Ketua Umum Golkar periode 2019-2024. Tidak hanya itu, Airlangga juga didorong untuk menjadi calon presiden pada Pemilu 2024.

Sejumlah daerah yang memberikan dukungan di antaranya DPD Papua Barat, DPD Bengkulu, DPD Maluku Utara, DPD Kalimantan Barat, DPD Sumatera Selatan, DPD Papua, DPD NTT, DPD Sulawesi Utara, DPD Jawa Barat, DPD Sumatera Utara, dan DPD Gorontalo.

Jumlah DPD yang mendukung Airlangga diperkirakan akan terus bertambah seiring dengan pernyataan sikap yang disampaikan secara bergiliran. Pembacaan pandangan umum atau sikap dari daerah diskors sementara untuk istirahat, setelah itu kembali dilanjutkan.

Dedi Mulyadi

Ketua DPD Golkar Jawa Barat, Dedi Mulyadi menyampaikan bahwa pihaknya dan 27 DPD Kabupaten/Kota menyatakan menerima LPJ yang disampaikan Airlangga. Di samping itu, ia juga mendorong Airlangga untuk kembali menjadi Ketua umum partai Golkar.

"Sejak awal kami tidak berubah, Pak Airlangga harus bersedia kembali ditetapkan sebagai ketua umum di forum ini," kata Dedi di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Rabu (4/12/2019).

Sementara itu, Plt Ketua DPD Partai Golkar Sumatera Utara, Ahmad Doli Kurnia yang didampingi seluruh pengurus DPD II menerima LPJ pengurus periode 2014-2019. Ia juga meminta kesediaan Airlangga untuk kembali menjadi Ketum Golkar periode 2019-2024 dan Capres di 2024.

"Untuk menjaga semangat dan soliditas, saya kira Munas ini penting juga merekomendasikan pencalonan presiden pada 2024, yaitu ketua umum kita Bapak Airlangga Hartarto," kata Doli.

Baca Juga : MUI Minta Polisi Tindak Tegas Nabi Palsu di Toraja

Sementara, Ketua DPD Provinsi Gorontalo, Rusli Habibie menyampaikan bahwa meskipun Airlangga baru memimpin Partai Golkar selama 1 tahun 8 bulan, akan tetapi dia bisa mempertahankan eksistensi partai sehingga mampu menjadi pemenang kedua di Pileg 2019 kemarin.

"Untuk itu kami memohon kepada beliau bersedia kami calonkan lagi jadi ketum. Kami akan berusaha beliau jadi calon presiden 2024 agar kita tidak habiskan waktu mendorong kader lain," pungkas Rusli.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini