Benarkah Ledakan yang Lukai 2 TNI di Monas dari Granat Asap?

Debrinata Rizky, Okezone · Rabu 04 Desember 2019 15:51 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 04 337 2137914 benarkah-ledakan-yang-lukai-2-tni-di-monas-dari-granat-asap-Am85BxXiqa.jpg Ilustrasi (Okezone)

JAKARTA – Ledakan di kawasan Monas, Jakarta, Selasa 3 Desember kemarin, melukai dua anggota TNI. Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy mengatakan ledakan itu berasal dari granat asap. Benarkah?

Dalam konferensi pers bersama Pangdam Jaya Mayjen Eko Margiyono pasca-ledakan kemarin, Gatot Eddy mengatakan bisa saja granat asap itu milik anggota Dalmas polisi yang tertinggal, tapi pihaknya masih mendalami, belum bisa memastikan.

"Ini diduga granat asap yang meledak, mungkin anggota kami saat ini sedang mendalami barangnya (granat asap) dari mana, kami dalami," kata Gatot.

Baca juga: Satgas Khusus Usut Ledakan di Monas yang Lukai 2 TNI

Penyebab pasti ledakan itu memang masih terus diselidiki. Polda Metro Jaya membentuk Satgas khusus untuk mengungkap kasus tersebut. Sementara dua korban anggtota TNI yang terluka, Serka Fajar dan Praka Gunawan masih dirawat di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta.ledakan di monas

Konferensi pers ledakan di Monas (Okezone.com/Fadel)

Polisi menyebutkan kedua prajurit akan dijadikan saksi kunci pengusutan kasus ledakan tersebut, namun sampai sekarang keduanya belum bisa dimintai keterangan karena masih dalam perawatan.

Benarkah granat asap?

Terkait dengan dugaan granat asap meledak di Monas, mantan Kepala Staf Umum TNI Letjen Purnawirawan Suryo Prabowo ikut memberikan komentar soal granat asap melalui akun Instagramnya @suryoprabowo2011 yang dipantau Okezone, Rabu (4/12/2019).

“Granat Asap ...... tidak meledak, namun menyemburkan asap, dan mengatifkannya hanya bisa dilakukan dengan mencabut ring pengamannya, dan untuk versi militer masih harus melepas tuas pengamannya,” tulis akun tersebut.

“Pada saat demonstrasi terjun payung granat asap ini kadang kala diikatkan pada kaki peterjun agar dia bisa terlihat oleh penonton yang menyaksikan di bawah.”

Baca juga: Fakta-Fakta Ledakan di Monas yang Lukai 2 TNI

Granat asap adalah berbentuk kaleng yang sering digunakan militer maupun polisi sebagai alat isyarat penanda zona sasaran atau menghalangi pandangan musuh.

Granat asap ada yang berwarna yakni mengeluarkan asap dengan beberapa warna saat cincinnya dicabut. Ada juga juga granat asap meledak yang berisi fosforus putih atau WP.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini