nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

2 Jabatan BPIP Kosong, DPR Dorong Jokowi Libatkan Milenial

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Rabu 04 Desember 2019 11:03 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 12 04 337 2137738 2-jabatan-bpip-kosong-dpr-dorong-jokowi-libatkan-milenial-BICuATypNf.jpg Anggota Komisi II DPR RI, Kamrussamad (Foto: Okezone.com/Arif Julianto)

JAKARTA - Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Megawati Soekarnoputri meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar segera menunjuk dua anggota dewan pengarah BPIP, untuk menggantikan posisi Ma'ruf Amin yang kini menjabat Wakil Presiden RI dan Mahfud MD yang ditunjuk sebagai Menko Polhukam.

Terkait hal itu, anggota Komisi II DPR RI, Kamrussamad mendorong agar kedua jabatan yang masih kosong tersebut dapat diisikan dari kalangan milenial.

"Pengisian dua nama itu bisa digantikan oleh kaum milenial," kata Kamrussamad saat berbincang dengan Okezone di Jakarta, Rabu (4/12/2019).

Baca juga: Megawati Ingin Jokowi Segera Cari Pengganti Ma'ruf dan Mahfud di BPIP

Kamrussamad menjelaskan alasan mengapa dirinya mendorong agar kaum milenial dapat mengisi jabatan di BPIP agar memberikan dapat merangkul anak muda serta mengetahui fase kehidupan bernegara.

"Kaum milenial tidak merasakan langsung tiga fase kehidupan bernegara. Yaitu prakemerdekaan dan fase kemerdekaan, fase pembangunan dengan sistem sentralistik. Kaum milenial tiba-tiba hidup dalam kebebasan yang diwarnai digitalisasi," imbuh dia.

Lebih lanjut dia menyatakan perlu dilibatkannya kaum milenial dalam BPIP selaras dengan usulan Komisi II sewaktu rapat bersama dengan BPIP beberapa waktu lalu.

"BPIP belum menunjukkan kinerja dan perannya yang memadai, dalam rapat kerja dengan Komisi II, pekan lalu kami mendorong agar BPIP merangkul kaum milenial karena era digitalisasi telah mewarnai generasi X tersebut," tutur politikus Gerindra itu.

Megawati Soekarnoputri

Baca juga: Kemendagri Teken MoU dengan BPIP untuk Bumikan Pancasila

Diwartakan sebelumnya, Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Megawati Soekarnoputri meminta Presiden Jokowi segera menunjuk dua anggota dewan pengarah BPIP yang baru.

Kedua orang itu dimaksudkan untuk menggantikan posisi Ma'ruf Amin yang kini menjabat Wakil Presiden RI dan Mahfud MD yang ditunjuk sebagai Menko Polhukam di Kabinet Indonesia Maju.

"Sampai sekarang, mohon maaf Pak Jokowi, belum ada penggantinya. Saya berulang kali mengingatkan beliau, kami masih kurang," kata Megawati dalam acara Presidential Lecture Internalisasi dan Pembumian Pancasila, di Istana Negara, Jakarta, Selasa 3 Desember 2019.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini