nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jokowi dan Sejumlah Petinggi Parpol Hadiri Pembukaan Munas X Golkar

Fahreza Rizky, Jurnalis · Selasa 03 Desember 2019 19:33 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 12 03 337 2137551 jokowi-dan-sejumlah-petinggi-parpol-hadiri-pembukaan-munas-x-golkar-tHb7rtAaRC.jpg Presiden RI, Joko Widodo dan Ketum Golkar Airlangga (foto: Okezone.com/Rizki)

JAKARTA - Sejumlah elite partai politik menghadiri pembukaan Musyawarah Nasional (Munas) X Partai Golkar di Hotel Ritz Carlton, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (3/12/2019) malam.

Berdasarkan pantauan Okezone, turut hadir Ketum Gerindra Prabowo Subianto, Ketum PKS Sohibul Iman, Ketum Hanura Oesman Sapta Odang (OSO), Ketum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, Ketum PSI Grace Natalie, dan Ketum PKPI Diaz Hendropriyono.

Hadir pula Sekjen Demokrat Hinca Pandjaitan, Sekjen Nasdem Johnny G Plate, Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto, Mantan Wapres RI Jusuf Kalla, Menteri BUMN Erick Thohir, Mendagri Tito Karnavian, dan sejumlah pejabat negara lainnya di samping Presiden Joko Widodo. Ketum Golkar Airlangga Hartarto tampak jalan berdampingan dengan Kepala Negara.

 Baca juga: Prabowo Subianto Dipastikan Hadiri Munas X Golkar

Salah satu agenda penting dalam Munas X ini ialah pemilihan Ketua Umum Partai Golkar periode 2019-2024. Tercatat ada sembilan orang bakal calon ketum Golkar yang akan 'bertarung' memperebutkan kursi Golkar 1.

Mereka antara lain Bambang Soesatyo, Airlangga Hartarto, Ali Yahya, Ridwan Hisjam, Indra Bambang Utoyo, Agun Gunandjar Sudarsa, Achmad Annama, Derek Lopatty, dan Aris Mandji.

Namun seiring berjalannya waktu, empat orang bakal caketum Golkar dinyatakan tidak memenuhi syarat administrasi pencalonan. Mereka antara lain Indra Bambang Utoyo, Aris Mandji, Ahmad Anama dan Derek Loupatty.

 Baca juga: Begini Peta Perebutan Kursi Ketum Partai Golkar Pasca Mundurnya Bamsoet

Sedangkan lima nama yang lolos yakni Airlangga Hartarto, Bambang Soesatyo, Ridwan Hisjam, Ali Yahya dan Agun Gunandjar Sudarsa. Bamsoet bisa dibilang sudah mundur dari bursa pencalonan kendati telah dinyatakan memenuhi syarat.

Dengan kondisi tersebut, maka hanya tersisa empat orang bakal calon ketum Golkar yang akan 'bertarung' di forum tertinggi partai. Namun hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Sebab terdapat isu calon lainnya akan mundur. Skenario aklamasi untuk mengantarkan Airlangga ke kursi kemenangan menjadi terbuka.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini