nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

PKS Optimis Pemerintah Masih Akan Terbitkan Perppu KPK

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Selasa 03 Desember 2019 06:32 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 12 03 337 2137179 pks-optimis-pemerintah-masih-akan-terbitkan-perppu-kpk-XrzAERGg8C.jpg

JAKARTA - Menko Polhukam Mahfud MD menyatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) belum memutuskan untuk menerbitkan Perppu tentang UU nomor 19 tahun 2019 tentang perubahan atas UU nomor 30 tahun 2002.

Pernyataan Mahfud membantah pernyataan dari Juru Bicara (Jubir) Presiden, Fadjroel Rachman terkait dengan sikap Istana yang memastikan tidak akan menerbitkan Perppu KPK.

Sekretaris Bidang Polhukam DPP PKS Suhud Alynudin mengaku optimis jika melihat pernyataan Mahfud MD, memperlihatkan masih adanya kemungkinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerbitkan Perppu tentang UU nomor 19 tahun 2019 tentang perubahan atas UU nomor 30 tahun 2002.

Ilustrasi

“Jika merujuk pada pernyataan Pak Mahfud MD itu memperlihatkan masih adanya kemungkinan Pak Jokowi menerbitkan Perppu KPK sebagaimana harapan masyarakat,” kata Suhud kepada Okezone, Selasa (3/12/2019).

Dia pun merasa heran mengapan Jubir Presiden Fadjroel Rachman mengemukakan pendapatnya bahwa Perppu tak akan dikelurkan oleh Presiden Jokowi.

“Berbeda dengan pernyataan Jubir yang menyatakan Pak Jokowi takkan menerbutkan Perppu,” imbuh Suhud.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengatakan belum akan mengeluarkan Perppu untuk mencabut UU KPK hasil revisi. Pasalnya UU KPK kini sedang diuji materi oleh beberapa pihak ke MK. Jokowi beralasan menghormati proses hukum sehingga belum akan mengeluarkan Perppu.

"Jangan ada uji materi ditimpa dengan keputusan yang lain. Saya kira kita harus tahu sopan santun dalam ketatanegaraan," ucap Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat 1 November 2019.

(kha)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini