nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sebelum Ditemukan Tewas, Hakim PN Medan Jamaluddin Dapat Telepon dari Seseorang

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Senin 02 Desember 2019 20:21 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 12 02 337 2137080 sebelum-ditemukan-tewas-hakim-pn-medan-jamaluddin-dapat-telepon-dari-seseorang-JzDXcU9hH4.jpg Ilustrasi Pembunuhan (foto: Shutterstock)

JAKARTA - Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Hakim Indonesia (IKAHI) Suhadi meminta aparat penegak hukum mengungkap kematian Hakim Pengadilan Negeri Medan Jamaluddin (55).

Pasalnya, Suhadi menerangkan bahwa pihak keluarga menduga kematian Jamaluddin meninggal karena dibunuh.

Baca Juga: Usut Kematian Hakim PN Medan, Polisi Diminta Pelajari Kasus Ditangani Korban 

"Untuk itu, kami dari pengurus pusat IKAHI menyerahkan sepenuhnya kepada aparatur penyidik untuk mengungkap kejadian ini, semoga jadi jelas dan terang, dan sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku," kata Suhadi di MA, Jakarta, Senin (2/12/2019).

Hakim PN Medan Jamaluddin Ditemukan Tewas di Dalam Mobil yang Masuk Jurang (foto: Istimewa) 

Suhadi mengatakan, hakim Jamaluddin sempat pamit kepada istri ingin menjemput rekannya di Bandara Internasional Kualanamu, Sumatera Utara, pada Jumat 29 November 2019.

"Beliau menurut informasi dari keluarganya, ditelepon oleh sahabat atau kenalan beliau untuk dijemput di Kualanamu. Kemudian beliau berangkat sendiri," terang Suhadi.

Suhadi menyatakan, dari informasi keluarga, Jamaluddin pamit kepada istrinya saat pergi dari rumah sekitar pukul 06.30 WIB. Selain itu, Jamaluddin juga disebut sempat mampir ke Pengadilan Negeri Medan terlebih dahulu.

Namun, Suhadi menyatakan, informasi terkait Jamaluddin yang mampir ke Pengadilan Negeri Medan masih belum jelas kebenarannya. Pasalnya, belum ditemukan bukti Jamaluddin mampir ke kantor sebelum pergi ke bandara.

"Tapi tidak jelas dalam CCTV di pengadilan, tidak ada gambar beliau, apakah beliau benar absen," ujarnya.

Baca Juga: Komisi III DPR Minta Polisi Usut Tuntas Tewasnya Hakim PN Medan 

Seperti diketahui, hakim Jamaluddin ditemukan telah tewas, di Dusun II Namo Bintang Desa Suka Dame Kecamatan Kutalimbaru, Kabupaten Deli Serdang.

Jasad Jamaluddin berada di dalam mobilnya sendiri, Toyota Prado Warna Hitam BK 77 HD.

"Kalau menurut informasi dari keluarga, beliau menyetir sendiri kendaraannya, dan ditemukan bahwa beliau meninggal ada dugaan dilakukan dengan cara pembunuhan," tutur Suhadi.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini