nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pangkas Eselon III-IV, Jokowi: Kita Butuh Kecepatan Bekerja

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Senin 02 Desember 2019 18:28 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 12 02 337 2137024 pangkas-eselon-iii-iv-jokowi-kita-butuh-kecepatan-bekerja-KDOqTpVdqJ.jpg Presiden RI, Joko Widodo (foto: Biro Pers Kepresidenan)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan, pemangkasan jabatan eselon III-IV dilakukan agar pemerintah bisa lebih cepat bekerja dan mengambil keputusan. Menurut dia, perubahan menuntut pemerintah harus mampu memangkas birokrasi.

"Kita butuh kecepatan dalam bekerja, dalam memutuskan. Kita butuh kecepatan dalam bertindak di lapangan, karena perubahan-perubahan ini sudah sangat cepat," kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (2/12/2019).

 Baca juga: Duet Prabowo-Trenggono Dinilai Makin Kompak Kawal Pertahanan Negara

Kepala Negara menegaskan, bahwa pemerintah tidak akan memangkas pendapatan Aparatur Sipil Negara (ASN). Pasalnya, kebijakan penghapusan eselon III-IV dilakukan untuk mempercepat proses birokrasi di daerah.

"Kebijakan untuk kecepatan memutuskan di lapangan. karena sekarang ini, pemerintah yang fleksibel sangat dibutuhkan. Kapal kita kapal besar, kalau kita memiliki alat-alat, instrumen-instrumen yang membuat kita cepat dalam bertindak, memutuskan, itu akan sangat membantu sekali dalam mengelola pemerintah, negara ini," tegas dia.

 Baca juga: Gugatan Jabatan 12 Wakil Menteri ke MK Dinilai Salah Alamat

Mantan Gubernur DKI Jakarta menerangkan, pemerintah akan terlebih dahulu memangkas jabatan eselon IV sebelum melanjutkan menghapus jabatan eselon III.

"Tapi ini proses panjang, sekarang persiapan menuju ke sana, sehingga birokrasi kita lebih cepat, tugas birokrasi jadi lebih ringan," pungkasnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini