nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kemendagri Tak Persoalkan Anies Pakai Baju PNS di Reuni 212

Sarah Hutagaol, Jurnalis · Senin 02 Desember 2019 15:51 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 12 02 337 2136980 kemendagri-tak-persoalkan-anies-pakai-baju-pns-di-reuni-212-Yl9CirH01i.JPG Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Foto: Okezone/Fadel)

JAKARTA - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) tidak mempermasalahkan mengenai pakaian dinas yang digunakan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ketika menghadiri reuni 212 di Monas tadi pagi.

Diketahui, Anies datang dan memberikan sambutan pada acara yang digelar oleh Persaudaraan Alumni (PA) 212 dengan mengenakan seragam Pegawai Negeri Sipil (PNS).

"Kan hari kerja. Dia diundang kapasitasnya sebagai apa? Gubernur kan? Ya boleh dong," ucap Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kemendagri Akmal Malik saat dikonfirmasi, Senin (2/12/2019).

"Masa iya dia pakai gamis. Dia pakai pakaian dinas dong karena kapasitasnya sebagai gubernur," tambahnya.

Anies

Baca Juga: Anies Sempat Koreksi Jumlah Peserta Reuni 212 dari Ribuan Jadi Jutaan

Lebih lanjut, Akmal menjelaskan tidak ada regulasi yang mengatur pakaian dinas untuk kepada daerah yang menghadiri undangan apapun, dan datang sesuai jabatannya.

"Tidak. Yang jelas dalam pedoman pakaian dinas pusat dan daerah itu tentang pakaian dinas saja. Penggunaan juga di-jam kerja atau di luar jam kerja tapi kapasitas terundang sesuai jabatannya," papar Akmal.

"Dia kan gubernur, gubernur seluruh masyarakat. Dia kan diundang sebagai gubernur. Kita enggak pernah mengikat kegiatan A atau B. Lagian dia kan hadir di daerahnya sendiri," pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, acara Reuni Akbar 212 digelar sejak pukul 03.00 WIB di Monas, Jakarta Pusat, Senin (2/12/2019) dini hari tadi. Acara tersebut diawali dengan salat Tahajud berjamaah.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini