Mahfud MD Pastikan Jokowi Belum Putuskan Sikap Soal Perppu KPK

Puteranegara Batubara, Okezone · Senin 02 Desember 2019 15:13 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 02 337 2136957 mahfud-md-pastikan-jokowi-belum-putuskan-sikap-soal-perppu-kpk-XI5aiFOK5Z.jpg Menko Polhukam, Mahfud MD (foto: Okezone.com)

JAKARTA - Menko Polhukam Mahfud MD membantah pernyataan dari Juru Bicara (Jubir) Presiden, Fadjroel Rachman terkait dengan sikap Istana yang memastikan tidak akan menerbitkan Perppu KPK.

Menurut Mahfud, sampai saat ini, Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) belum memutuskan untuk menerbitkan Perppu tentang UU nomor 19 tahun 2019 tentang perubahan atas UU nomor 30 tahun 2002.

"Presiden tidak katakan gitu, Presiden mengatakan belum memutuskan keluarkan atau tidak," kata Mahfud di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Senin (2/12/2019).

 Baca juga: Soal Dewan Pengawas KPK, Ketua DPR: Percayakan pada Presiden

Mahfud menjelaskan, alasan Jokowi belum memutuskan apakah akan menerbitkan Perppu atau tidak. Menurutnya, Presiden masih menunggu keputusan dari Mahkamah Konstitusi (MK).

Pasalnya, pimpinan KPK dan beberapa elemen masyarakat telah mengajukan Judicial Review (JR) ke MK terkait dengan Undang-Undang tersebut.

"Karena UU-nya masih diuji di MK. Presiden tak ingin, MK karena nanti memutuskan hal yang sama kan begitu," ujar Mahfud.

 Baca juga: Rapat Dengar Pendapat dengan KPK, Komisi III Jelaskan Pentingnya Dewan Pengawas

Saat disinggung kemunginan masih terbuka Presiden terbitkan Perppu, Mahfud menyatakan bahwa, hasil pembicaraannya terakhir dengan Jokowi adalah belum memutuskan apakah menerbitkan atau tidak.

"Itulah pernyataan Presiden belum memutuskan menerbitkan atau tidak Perppu," tutup Mahfud.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini