nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Polisi Akan Usut Tuntas Kasus Pembakaran Rumah Wartawan di Aceh

Muhamad Rizky, Jurnalis · Senin 02 Desember 2019 15:08 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 12 02 337 2136954 polisi-akan-usut-tuntas-kasus-pembakaran-rumah-wartawan-di-aceh-owngSjxBJ6.jpg Ilustrasi Kebakaran (Foto: Okezone)

JAKARTA - Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Argo Yuwono menyatakan penyidik kepolisian akan mengusut tuntas kasus pembakaran rumah wartawan Harian Serambi Indonesia, Asnawi Luwi di Desa Lawe Loning Aman, Kecamatan Lawe Sigala-Gala, Kabupaten Aceh Tenggara.

"Tentunya penyidik akan melakukan penyelidikan dan penyidikan terhadap kebakaran rumah tersebut," kata Argo saat dikonfirmasi Okezone, Senin (2/12/2019).

Peristiwa pembakaran rumah itu sendiri terjadi pada Selasa 30 Juli 2019 lalu namun hingga kini sudah empat bulan berlalu namun, polisi khususnya Polda Aceh masih belum mampu mengungkap kasus tersebut.

Argo tidak merinci sudah sejauh mana perkembangan penanganan yang dilakukan jajarannya dalam pengungkapan kasus tersebut. Padahal tim laboratorium forensik Abes Polri Cabang Medan sudah memastikan bahwa rumah tersebut dibakar bukan terbakar.

"Labfor yang akan meneliti akibat rumah terbakar, mencari keterangan saksi yang melihat, mendengar kejadian tersebut," tuturnya.

Argo

Baca Juga: Wartawan Aceh yang Rumahnya Dibakar Surati Kapolri, Minta Pelaku Ditangkap

Pembakaran rumah itu sendiri diduga berkaitan dengan profesi Asnawi Luwi sebagai wartawan. Ia menduga kuat bahwa pembakaran rumahnya itu ada kaitan dengan sejumlah beritanya yang ditulisnya.

Seperti kasus tambang pada proyek pembangkit listrik tenaga mikrohidro (PLTMH) Lawe, sikap yang memunculkan berbagai masalah serta dugaan korupsi dalam pembangunan Jalan Muara Situlen-Gelombang yang dibiayai dana Otonomi Khusus Aceh.

Asnawi sendiri saat ini sudah mengirimkan surat kepada Kapolri Jendral Pol Idham Azis untuk meminta bantuan agar mengungkap kasus tersebut.

Surat tertanggal 30 November 2019 itu ikut ditembuskan kepada Presiden RI, Menko Polhukam, Komnas HAM, Kompolnas, Dewan Pers, Komisi III DPR RI dan Komite Penyelamatan Jurnalis.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini