nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Fadli Zon Bakal Konfirmasi Menlu soal Kepulangan Habib Rizieq

Arie Dwi Satrio, Jurnalis · Senin 02 Desember 2019 12:33 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 12 02 337 2136868 fadli-zon-bakal-konfirmasi-menlu-soal-kepulangan-habib-rizieq-BsBQlpVC4q.jpg Fadli Zon dan Habib Rizieq Shihab. (Foto: Twitter @fadlizon)

JAKARTA – Anggota Komisi I DPR dari Fraksi Partai Gerindra Fadli Zon bakal mengonfirmasi Menteri Luar Negeri Retno Marsudi terkait polemik kepulangan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab. Fadli akan menggali informasi mengenai hal itu ke Retno ketika rapat bersama dengan Komisi I DPR.

"Kalau nanti ada (rapat) dengan Menlu dan pihak terkait, saya akan menanyakan itu (kepulangan Habib Rizieq)," kata Fadli saat menghadiri Reuni 212 di Monumen Nasional, Jakarta Pusat, Senin (2/12/2019).

Baca juga: Reuni 212, PKS: Kasus Habib Rizieq Harus Diselesaikan! 

Ia mengungkapkan cukup intens mengikuti polemik kepulangan Habib Rizieq. Diketahui saat ini Habib Rizieq masih berada di Arab Saudi dan tidak bisa pulang ke Indonesia karena disebut-sebut sedang dicekal.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. (Foto: Dok Okezone/Dede Kurniawan)

Menurut Fadli, permasalahan tidak bisa kembalinya Habib Rizieq ke Tanah Air adalah kegagalan pemerintah dalam berdiplomasi. Seharusnya negara, dalam hal ini pemerintah, bertanggung jawab atas permasalahan warga negara yang sedang berada di luar negeri.

Baca juga: Orasi Habib Rizieq di Reuni 212, Nasdem: Dugaan Motif Politik Terjawab 

"Ini ada kegagalan dari pemerintah kita dalam melakukan diplomasi ya. Apa pun ceritanya. Misalnya pun itu dari Pemerintah Arab Saudi yang tidak mengizinkan, tidak boleh ada seorang warga negara yang tidak boleh dari negara itu, tidak bisa," ujarnya.

"Apalagi kalau ini ada dugaan atas permintaan dari oknum-oknum tertentu di dalam negeri supaya HRS tidak kembali. Itu jelas sebuah kejahatan yang melanggar hak untuk hidup, hak untuk mobilisasi atau bergerak dan berada di Tanah Air. Saya mendengar langsung dari HRS tahun lalu," imbuhnya.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini