nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

9.023 Personel TNI-Polri Siap Kawal Reuni 212

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Minggu 01 Desember 2019 20:45 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 12 01 337 2136656 9-023-personel-tni-polri-siap-kawal-reuni-212-7n4hUJluuM.jpg Pengarahan pasukan terkait pengamanan reuni 212 di Monas, Jakarta (Okezone.com/Fakhrizal)

JAKARTA – Polda Metro Jaya mengerahkan 9.023 personel gabungan Polri-TNI untuk mengamankan reuni akbar 212 dan perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW di Lapangan Monas, Jakarta Pusat, Senin 2 Desember besok. Aparat berjanji mengedepankan sikap humanis dalam pengamanan.

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Harry Kurniawan usai apel gabungan pasukan pengamanan reuni 212 di Monas sore tadi mengatakan, pengamanan akan dimulai sejak hari ini hingga selesai acara.

Baca juga: Polda Metro Sebut Reuni 212 Akan Dihadiri 10 Ribu Orang, Pengamanannya Tak Spesial

"Sejak sore kami lakukan pengamanan. Nanti warga yang sedang berkunjung di Monas oleh Polsek Metro Gambir dan Bagian Operasional meminta mereka keluar," kata Harry, Minggu (1/12/2019).

 apel

Apel pengamanan reuni 212 di Monas (Okezone.com/Fakhri)

Harry mengatakan, pengamanan besok murni kegiatan keagamaan. "Ini kegiatan keagamaan tugasnya mengamankan kegiatan keagamaan," kata Harry.

Baca juga: Habib Rizieq Tak Akan Beri Ceramah di Reuni 212

Ia pun menegaskan bahwa aparat TNI-Polri yang mengawal jalannya acara reuni 212 tidak akan menggunakan senjata api.

"Tampilan tak menggunakan alat. Begitu masuk. Yang masih menggunakan atau membawa senpi tak boleh membawa senjata api," ucap Harry.

Harry menambahkan beberapa pintu masuk bakal dipasang security chek untuk melakukan pemeriksaan bagi peserta yang akan masuk. Nantinya, polisi juga akan dibantu panitia reuni 212 untuk memeriksa barang bawaan para peserta reuni.

"Puntu masuk di Kedubes AS atau pintu tenggara dan pintu timur laut, Monas Timur. Lainnya kami tutup. Itu kesepakatan dengan panitia. Saat ini sudah ada tiga security door. Tugas di security door sudah ada panitia maulid. Mengecgek barang barang yang ada didalam," tambah Harry.

Harry menambahkan bahwa polisi belum berencana melakukan pengalihan arus lalu lintas di sekitar lokasi. Namun, arus lalin bersifat situasional.

"Untuk sementara kegiatan masih bisa berlangsung kegiatan seprti biasa. Kalau sudah stuck kita bisa alihkan lalu lintasnya," jelas Harry.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini