Kronologi Kecelakaan Minibus vs Truk di Tol Cipali yang Tewaskan 6 Orang

Minggu 01 Desember 2019 13:01 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 01 337 2136581 kronologi-kecelakaan-minibus-vs-truk-di-tol-cipali-yang-tewaskan-6-orang-7EoGSV7YcB.jpg Ilustrasi korban kecelakaan lalu lintas. (Foto: Shutterstock)

SUBANG – Kecelakaan maut kembali terjadi di Jalan Tol Cipali, tepatnya di Kilometer 113+200, Jalur B, sekitar Kampung Haniwung, Desa Gembor, Kecamatan Pagaden, Kabupaten Subang, Jawa Barat, pada pukul 05.00 WIB tadi.

Minibus Toyota Avanza berpelat nomor B-1076-PVC menabrak truk Mitsubishi Fuso B-9556-UIO bermuatan motor. Akibatnya, enam orang di minibus meninggal di lokasi kajadian dan seorang menderita luka berat.

Baca juga: Minibus Seruduk Truk di Tol Cipali, Enam Tewas 

Adapun kronologi kecelakaan bermula saat minibus yang dikemudikan Sutarno (44), warga Kelurahan Jagakarsa, Jakarta Selatan, itu bergerak dari arah Palimanan menuju Jakarta. Sementara truk fuso yang disopiri Imron Fauzi berada di depannya melaju ke arah sama.

Memasuki KM 113+200 arah Cikopo (Jakarta), minibus yang melaju kencang menabrak bagian belakang truk. Diduga sopir mengantuk dan tidak menyadari keberadaan truk besar tersebut. Hal ini tampak dari tidak adanya bekas pengereman di sekitar tempat kejadian perkara.

Baca juga: Nama-Nama Korban Tewas Tabrakan Minibus vs Truk di Tol Cipali 

Kerasnya benturan membuat bodi minibus ringsek tidak beraturan, bahkan sempat tersangkut dan menempel di belakang truk hingga terseret sejauh 100 meter. Sopir truk baru menepikan kendaraannya setelah mendapat informasi dari pengemudi lain.

"Avanza ini menabrak truk fuso dari arah belakang. Kecelakaan ini mengakibatkan enam orang meninggal dan satu luka berat, termasuk sopir Avanza," ujar Kasatlantas Polres Subang AKP Bambang Sumitro, Minggu (1/12/2019), sebagaimana dikutip dari iNews.id.

Petugas yang mendapat informasi kecelakaan langsung menuju TKP. Selanjutnya para korban dievakuasi ke RSUD Subang. Sedangkan mobil yang terlibat kecelakaan juga diamankan.

Enam korban meninggal dibawa menggunakan kantong jenazah. Sementara satu korban selamat langsung mendapat perawatan di IGD rumah sakit.

Baca juga: Kecelakaan Tol Cipali, Sopir Truk Kaget Ada Minibus Nempel di Belakang 

"Untuk identitas sudah empat yang diketahui dan dua lagi masih menunggu keterangan keluarga korban karena masih di bawah umur," kata Bambang.

Sementara pengakuan sopir truk Imron Fauzi, tidak mengetahui saat kendaraannya ditabrak, namun mendengar bunyi sesuatu dari arah belakang yang awalnya mengira suara ban meletus.

Baca juga: Satu Orang Tewas Akibat Kecelakaan Beruntun di Tol Jorr Joglo 

"Saya mendengar bunyi sesuatu. Awalnya saya kira ban meletus. Lalu ada pengemudi lain menunjuk ke arah belakang. Saya menepi dan kaget saat lihat ke belakang. Waduh ada mobil nempel," ujar Imron.

Menurut dia, saat kejadian, truknya melaju dengan kecepatan normal antara 55–60 kilometer per jam. Posisi truk saat itu melaju di lajur kiri jalan.

"Saya jalan seperti biasa menuju Jakarta, tahu-tahu ada bunyi seperti itu," ucapnya.

Baca juga: Mobil Pikap Berisi 13 Orang Terjun ke Jurang, 3 Meninggal 

Kasus kecelakaan ini sudah ditangani Satlantas Polres Subang. Polisi telah mengevakuasi kendaraan sekaligus melakukan olah TKP kecelakaan dan membawa sopir truk untuk diminta keterangan.

Sementara enam korban meninggal ditempatkan di Ruang Jenazah RSUD Subang sambil menunggu kedatangan keluarga maupun kerabat.

Baca juga: Polisi Tetapkan Sopir Bus Kecelakaan di Tol Sumo Jadi Tersangka 

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini