Share

HUT OPM, Bahaya jika Pemerintah Tak Jalin Dialog dengan Tokoh Papua

Sarah Hutagaol, Okezone · Minggu 01 Desember 2019 06:02 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 01 337 2136520 hut-opm-bahaya-jika-pemerintah-tak-jalin-dialog-dengan-tokoh-papua-ebGQYnSc06.jpg Ilustrasi (Foto: Ist)

JAKARTA - Pengamat intelijen dan keamanan Stanislaus Riyanta menilai pemerintah perlu melakukan dialog dengan berbagai komponen di Papua menyusul peringatan Hari Ulang Tahun Organisasi Papua Merdeka (OPM) pada 1 Desember 2019.

Ia menyebut komponen yang harus diajak berdialog oleh pemerintah adalah yang ikut berpengaruh di Papua, di antaranya adalah tokoh adat, tokoh budaya, gereja, serta juga tokoh politik.

"Yang paling penting pemerintah melakukan dialog dengan tokoh-tokoh dari Papua, sehingga komunikasi antara masyarakat Papua dan pemerintah nyambung," ucap Stanislaus kepada Okezone, Sabtu (30/11/2019).

Baca Juga: Demo Depan Kemenko Polhukam, Masyarakat Papua Serukan Tolak HUT OPM

Ilustrasi Foto: Ist

Stanislaus pun menilai keberangkatan beberapa pejabat dan petinggi aparat ke Papua untuk bekerja di sana merupakan langkah yang baik. Ia berharap adanya kesepahaman antara pemerintah pusat dengan keinginan warga Papua.

"Karena kalau antara keinginan masyarakat dengan pemerintah tidak nyambung, ini bahaya, gap ini yang bisa jadi konflik," ujarnya.

Selain itu, mengenai keamanan di Papua saat HUT OPM, Stanislaus mengimbau kepada masyarakat di sana untuk tidak khawatir, dan mempercayakannya kepada aparat TNI serta Polri.

"Sekarang kuncinya adalah pemerintah itu merangkul masyarakat Papua, kemudian masyarakat percaya kepada pemerintah, TNI-Polri sekarang dalam kondisi yang solid, ya sudah sekarang beraktivitas seperti biasa saja," tutur Stanislaus.

Baca Juga: Polri Siapkan Pengamanan Jelang HUT OPM

Follow Berita Okezone di Google News

(Ari)

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini