Share

Ini Tanggapan DPR Soal Kekosongan Jabatan Kabareskrim

Achmad Fardiansyah , Okezone · Sabtu 30 November 2019 15:32 WIB
https: img.okezone.com content 2019 11 30 337 2136386 ini-tanggapan-dpr-soal-kekosongan-jabatan-kabareskrim-rIjGnoqJlh.jpg Foto Ilustrasi Okezone

JAKARTA - Posisi Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri hingga saat ini masih tak bertuan. Kapolri Jenderal Idham Azis masih terus menggodok nama yang dipercaya memimpin penegakan hukum di Korps Bhayangkara itu.

Menanggapi hal itu, Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Ahmad Sahroni meminta semua pihak tak mengintervensi ataupun melemparkan tudingan miring terhadap Kapolri Jenderal Idham Azis. Menurutnya, sangat wajar jika Kapolri memilah sosok terbaik berkualitas yang akan membantunya dalam menegakkan hukum.

“Posisi Kabareskrim merupakan jabatan strategis di tubuh Polri dan pemilihannya bukan bagi-bagi kekuasaan,” kata Sahroni, Sabtu (30/11/2019).

 Baca juga: IPW Sayangkan Jabatan Kabareskrim Sudah Sebulan Tak Bertuan

Ia pun menyakini belum ada sosok untuk menjabat sebagai Kabareskrim, karena dalam proses pemilahan agar Kapolri Jenderal Idham Azis tidak salah memilih. Dalam kesempatan yang sama, ia mengingatkan, pemilihan Kabareskrim tak boleh dipengaruhi pihak eksternal.

“Itu hak penuh Kapolri untuk memilih asistennya sebagai Kabareskrim. Tidak boleh ada pihak eksternal yang boleh ikut campur dalam penentuan Kabareskrim. Saya selaku Wakil Ketua Komisi III mendukung Kapolri. Siapapun yang terpilih menjadi assisten Kapolri sebagai Kabareskrim itu adalah yang terbaik untuk Polri,” ujar Bendahara Umum Partai NasDem ini.

 Baca juga: Mahfud MD: Kapolri Sudah Tahu Orang yang Akan Jadi Kabareskrim

Mengenai terbengkalainya penanganan perkara karena belum terpilihnya sosok Kabareskrim, Sahroni sependapat dengan pernyataan Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Argo Yuwono yang mengampaikan peran tersebut saat ini tak terganggu karena masih ada Wakil Kepala Bareskrim, yang kini dijabat oleh Irjen Antam Novambar.

“Peran Kabareskrim masih dapat dijalankan oleh Wakabareskrim Irjen Antam Novambar. Saya percaya profil Kabareskrim juga akan segera diumumkan oleh Kapolri dalam waktu dekat,” pungkasnya.

Baca Juga: KKP Pastikan Proses Hukum Pelaku Perdagangan Sirip Hiu Ilegal di Sulawesi Tenggara

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini