IPW Sayangkan Jabatan Kabareskrim Sudah Sebulan Tak Bertuan

Puteranegara Batubara, Okezone · Sabtu 30 November 2019 11:34 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 11 30 337 2136316 ipw-sayangkan-jabatan-kabareskrim-sudah-sebulan-tak-bertuan-sgt188vUCX.jpg Ilustrasi. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Sejumlah pihak menyayangkan kosongnya jabatan Kabareskrim Polri yang ditinggal Idham Azis sejak dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Kapolri tanggal 1 November 2019. Kekosongan ini dinilai menggangu kinerja Bareskrim. Bahkan lebih dari itu, Polri dinilai gagal melakukan kaderisasi.

Hal ini tentu saja bertolak belakang dengan tujuh program prioritas Idham Aziz saat diangkat menjabat Kapolri, salah satunya mewujudkan sumber saya manusia (SDM) yang unggul.

"Sangat disayangkan, kenapa penetapan Kabareskrim begitu lama, bahkan sudah mencapai sebulan. Ini menunjukkan bahwa Polri tidak profesional dan gagal melakukan kaderisasi," kata Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta Pane dalam keterangannya, Jakarta, Sabtu (30/11/2019).

Neta menilai situasi ini sengaja dibiarkan Idham Azis sambil menunggu pensiunnya Wakapolri Komjen Pol Ari Dono Sukmanto dan bergesernya Kabaharkam Komjen Firli menjadi pimpinan KPK, yang akan dilantik 20 Desember 2019, sehingga TR mutasi akan dikeluarkan bersama.

Neta S Pane.

Dari informasi yang didapat IPW, kata dia, ada tiga nama yang disebut-sebut sebagai calon Wakapolri, yakni Irwasum Komjen Pol Moechgiyarto, Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan dan Kapolda metro Jaya Irjen Pol Gatot Edy Pramono.

"Sedangkan Kabareskrim calon kuatnya adalah Kadiv Propam Irjen Pol Sigit," ujar Neta.

Di sisi lain, Neta menekankan, siapapun sosok Kabareskrim nantinya, pengusutan kasus penyiraman air keras Novel Baswedan harus mampu diungkap dan diusut.

"Yang terpenting tugas Kabareskrim yang baru harus bisa menuntaskan kasus Novel Baswedan, sehingga Polri maupun Kapolri yang baru tidak terus menerus tersandera kasus penyiraman air keras itu," kata Neta.

(qlh)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini