Mendagri Tinjau Kesiapan PON 2020 di Papua, Ingatkan Hati-Hati Gunakan APBD

Saldi Hermanto, Okezone · Jum'at 29 November 2019 15:37 WIB
https: img.okezone.com content 2019 11 29 337 2136006 mendagri-tinjau-kesiapan-pon-2020-di-papua-ingatkan-hati-hati-gunakan-apbd-7YDX2vjIyd.jpg Mendagri Tito Karnavian di Mimika, Papua (Puspen Kemendagri)

MIMIKA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian meninjau langsung kesiapan Papua sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020. Tito juga meminta agar pemerintah Papua hati-hati dalam menggunakan APBD yang mencapai Rp15 triliun.

"Ini kan mau ada PON di Timika nanti tahun 2020, jadi saya datang, tadi saya sudah bilang kepada pak Bupati, saya mau lihat venue-venue PON sejauh mana," kata Mendagri di Mimika, Papua, Jumat (29/11/2019).

Sebagai hasil tinjauan, kesiapan setiap venue dan keseluruhan persiapan akan dievaluasi di tingkat pusat.

"Ada 12 cabang olahraga nanti, saya akan melihat lokasinya, buat nanti kita evaluasi di Jakarta, di tingkat pusat, laporannya kira-kira sama tidak nanti di lapangan," ujarnya.Tito Karnavian

(Foto Puspen Kemendagri)

PON 2020 Papua akan berlangsung pada 20 Oktober hingga 2 November 2020. Terdapat tiga kota dan kabupaten yang akan menyelenggarakan pesta olahraga terbesar se Indonesia itu. Antara lain Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke sebagai penyangga.

Penggunaan APBD

Tito juga menitip pesan kepada pemerintah Papua untuk menggunakan APBD dengan hati hati.

“Saya berharap pemerintah Provinsi Papua membangun komunikasi yang baik dengan kabupaten/kotanya untuk mengelola secara hati-hati APBD yang jumlahnya mencapai Rp15 trilun,” ujar mantan Kapolri itu.

Menurutnya, Kemendagri memiliki tugas untuk mereview rancangan APBD yang diajukan daerah. “APBD nantinya akan direview oleh Kemendagri supaya betul-betul anggaran menyentuh rakyat.”

Tito mengungkapkan, saat ini banyak ditemui anggaran yang malah dominan digunakan untuk aparatur. “Kami mau yakinkan, sehingga dominasi anggaran bukan untuk aparatur, tapi untuk kesejahteraan rakyat,” ujarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini