nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menkum HAM Ajak Komisi III Bahas Kembali Pasal Kontroversial di RKUHP

Harits Tryan Akhmad, Okezone · Kamis 28 November 2019 21:33 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 11 28 337 2135731 menkum-ham-ajak-komisi-iii-bahas-kembali-pasal-kontroversial-di-rkuhp-qMqarhYAA5.jpg Menkumham Yasonna Laoly (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkum HAM) Yasonna Laoly menginginkan Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP) kembali dibahas antara Komisi III dengan pemerintah.

“Ada beberapa substansi yang perlu kita bicarakan ulang, itu kita bicarakan ulang,” ungkap Yasonna di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (28/11/2019).

Menurut Yasonna, setidaknya ada 14 pasal yang dianggapnya krusial dan perlu disempurnakan. Sehingga nantinya tidak menimbulkan polemik di tengah masyarakat meskipun sudah pembahasan di tingkat I.

“Jadi memang kita harus kembali satu tahap untuk menyelesaikan beberapa pasal-pasal krusial,” tuturnya.

Yasona

Baca Juga: Ini Pasal-Pasal Kontroversial RKUHP yang Menuai Polemik di Masyarakat

Sejatinya, lanjut Yasonna, polemik pasal-pasal tersebut dikarenakan ada kesalahpahaman masyarakat terdapat beberapa pasal.

“Ada kesalahpahaman di publik yang menanyakan sesuatu yang seharusnya tidak perlu ditanyakan. Ketidaktahuan masyarakat, kesalahpahaman, keselahmengertian dari beberapa pasal itu,” ujarnya.

Selain itu, dia menyatakan RKHUP dan RUU carry over yang berada di periode lalu bakal diusulkan masuk dalam program legislasi nasional (proglegnas) tahun 2020.

“Yang kita bahas pada periode yang lalu, ini sudah akan kita masukkan dalam prolegnas prioritas nanti carry over,” tuturnya.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini