DPR Minta BNN Dibubarkan karena Dinilai Gagal

Harits Tryan Akhmad, Okezone · Kamis 28 November 2019 20:25 WIB
https: img.okezone.com content 2019 11 28 337 2135701 dpr-minta-bnn-dibubarkan-karena-dinilai-gagal-CKfMDPMLWh.jpg Ilustrasi BNN (Foto: Okezone)

JAKARTA - Anggota Komisi III DPR Masinton Pasaribu memandang keberadaan Badan Narkotika Nasional (BNN) saat ini tidak lagi efektif dalam mencegah masuknya narkotika ke Indonesia.

Padahal, Masinton berujar, BNN sering mengaku sudah dapat mendeteksi jalur masuk narkotika namun narkotika tetap bisa masuk dan menyebar ke masyarakat.

"Jalur masuknya semua kata bapak sudah bisa dideteksi. Mana deteksinya? Masuk semua barangnya pak, terus kita setiap saat kita dicemaskan dengan narkotika tadi. Negara keluar [uang] triliunan, ngapain kita disini," ujar Masinton.

Dilanjutkan Masinton, dalam rapat dengan Komisi III DPR, BNN dianggap tidak ada kemajuan signifikan yang dilakukan BNN dalam memberantas peredaran narkotika. Karena itulah dia menilai BNN dievaluasi dan bahkan dibubarkan karena dianggap gagal mencegah masuknya narkotika.

"Saya enggak mau rapat begini rutinitas dan kita tidak ada bisa menyelesaikan persoalan negara. Kalau menang ini jadi rutinitas saya minta BNN dievaluasi, bubarkan," jelas Masinton.

Masinton

Baca Juga: Moeldoko Tak Setuju BNN Dibubarkan

Politikus PDIP itu menilai, diperlukan adanya revisi UU Narkotika yang menjadi dasar dibentuknya BNN. Bisa saja BNN dilebur kembali dengan kepolisian karena tak ada kemajuan dari kinerjanya.

"Dilebur saja enggak perlu lagi (BNN). Enggak ada progres, setiap hari saya cemas dengan anak saya. Tetangga kita ini pak cemas dengan anaknya kita takut dengan pergaulan anak kita sendiri hari ini pak," tutur Masinton.

Masinton menyayangkan dengan anggaran yang dimiliki BNN seharusnya bisa menangkap semua bandar dan menutup jalur-jalur masuknya narkotika. Ia mengingatkan jangan sampai negara kalah dengan peredaran narkotika yang membahayakan generasi muda.

"Narkotika ini barang yang diolah kok, bukan barang simsalabim, barang yang diolah loh pak. Materialnya ada kenapa kita enggak mampu mencegah itu. Negara apa ini, punya sumber daya negara yang sangat besar kita enggak mampu, negara kalah terhadap narkotika," tutup Masinton.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini