nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Komisi Yudisial Serahkan 6 Nama Calon Hakim Agung ke DPR

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Kamis 28 November 2019 12:58 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 11 28 337 2135484 komisi-yudisial-serahkan-6-nama-calon-hakim-agung-ke-dpr-XpFycHRAdE.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

JAKARTA - Komisi Yudisial (KY) menyerahkan enam nama calon hakim agung kepada Ketua DPR, Puan Maharani hari ini. Selain enam nama calon hakim agung, KY juga menyerahkan empat nama calon hakim ad hoc pada Mahkamah Agung (MA) yang merupakan hasil seleksi.

“Pagi ini kami pimpinan DPR dan pimpinan Komisi III menggelar rapat konsultasi untuk menerima ketua Komisi Yudisial dalam pengajuan calon hakim agung dan hakim ad hoc,” kata Puan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (28/11/2019).

Dalam pertemuan itu, Puan turut didampingi Wakil Ketua DPR Aziz Syamsudin, Ketua Komisi III DPR Herman Hery dan Wakil Ketua Komisi III DPR Adies Kadir, serta dihadiri lima pimpinan KY.

Kata Puan, nantinya DPR melalui Komisi III yang membidangi hukum bakal menggelar uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) masa sidang sekarang. Sehingga selambat-lambatnya 30 hari usai diserahkan saat ini.

“Penetapannya akan dilakukan setelah semua proses dilalui, fit and proper test dan lain-lain. Selambatnya tanggal 5 Februari 2020, karena memang seperti itu aturannya,” paparnya.

Sementara, Ketua Komisi Yudisial (KY), Jaja Ahmad Jayus menjelaskan bahwa pihaknya telah diminta Mahkamah Agung (MA) untuk segera mengisi 11 calon hakim agung yang masih kosong, namun saat ini KY baru bisa memberikan enam calon hakim agung.

Kemudian, lanjut Jaja, ada sembilan kebutuhan Hakim ad hoc yang terdiri dari tiga ad hoc di MA dan 6 orang hakim ad hoc di PHI.

“Oleh karena itu, kita menyampaikan ke DPR. Kami berharap apa yang sudah dilakukan KY, DPR bisa menyetujui semuanya sehingga kekosongan hakim agung bisa terpenuhi,” tuturnya.

Berikut nama-nama calon hakim agung dan calon hakim ad hoc yang diserahkan pagi tadi:

Calon Hakim Agung:

1. Soesilo (Hakim Tinggi di Pengadilan Tinggi Banjarmasin) untuk kamar pidana.

2. Dwi Sugiarto (Hakim Tinggi di Pengadilan Tinggi Denpasar).

3. Rahmi Mulyati (Panitera Muda Perdata Khusus pada MA) untuk kamar perdata.

4. H. Busra (Ketua Pengadilan Tinggi Agama Kupang) untuk kamar agama.

5. Brigjen TNI Sugeng Sutrisno (Hakim Militer Utama Dilmiltama) untuk kamar militer.

6. Sartono (Wakil Ketua III Pengadilan Pajak bidang Pembinaan dan Pengawasan Kinerja Hakim) untuk kamar tata usaha negara, khusus pajak.

Calon hakim ad hoc Tipikor pada MA:

1. Agus Yuniato (hakim ad hoc Tipikor Tingkat Pertama pada PN Surabaya).

2. Ansori (hakim ad hoc Tipikor Tingkat Banding pada PT Sulawesi Tengah).

Calon hakim ad hoc Hubungan Industrial pada MA:

1. Willy Farianto (advokat) dari unsur Apindo.

2. Sugianto (Hakim ad hoc PHI pada PN Semarang dari unsur serikat pekerja/serikat buruh.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini