nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Soal Habib Rizieq, Mahfud MD: Kalau Kita Turun Tangan, Nanti Malah Salah

Sarah Hutagaol, Jurnalis · Rabu 27 November 2019 17:15 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 11 27 337 2135140 soal-habib-rizieq-mahfud-md-kalau-kita-turun-tangan-nanti-malah-salah-APJdAqZlTl.jpg Menko Polhukam, Mahfud MD (foto: Okezone.com)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD kembali menegaskan, kalau pemerintah tidak melakukan pencekalan terhadap Habib Rizieq Shihab yang ingin pulang ke tanah air.

Ditambah lagi, menurut Mahfud MD, Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) tersebut tidak melaporkan mengenai halangan yang dialaminya untuk untuk pulang ke pemerintahan Arab Saudi.

Oleh sebab itu, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi tersebut mengatakan pemerintah tidak bisa memberikan pertolongan jika Habib Rizieq melaporkannya.

"Tetapi sampai saat ini tidak ada, dan Habib Rizieq sendiri tidak pernah melapor tentang masalahnya," ucap Mahfud MD di kantor Kemenkopolhukam, Jakarta Pusat, Rabu (27/11/2019).

 Baca juga: PKS Minta Pemerintah Berdiplomasi dengan Arab Saudi Pulangkan Habib Rizieq

Selama ini, pemerintah hanya mengetahui kabar pencekalan yang dialami oleh Habib Rizieq berdasarkan pernyataan yang dikeluarkan melalui media sosial, seperti video yang diunggah di Youtube.

"Nah kalau ini tidak melapor, lalu kita turun tangan, nanti malah kita yang salah," ungkapnya.

 Baca juga: Soal Pemulangan Habib Rizieq, Pengacara Klaim Selalu Komunikasi dengan Mahfud MD

Lebih lanjut, Mahfud menilai, seharusnya Habib Rizieq menyerahkan bukti-bukti yang menguatkan jika memang benar dirinya mendapatkan pencekalan. Jika ada bukti, Mahfud menjanjikan akan diproses oleh pemerintah.

"Nah kalau memang ada bukti sekecil apapun bahwa itu dicekal oleh pemerintah Indonesia, ya diserahkan kepada Menteri Agama kepada Menko Polhukam atau Mendagri nanti akan di prosesnya, akan diklarifikasi sejelasnya, kalau memang ada," tutup Mahfud MD.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini