nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ma'ruf Amin Tekankan Kerjasama Semua Pihak Perangi Radikalisme

Avirista Midaada, Jurnalis · Rabu 27 November 2019 15:38 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 11 27 337 2135070 ma-ruf-amin-tekankan-kerjasama-semua-pihak-perangi-radikalisme-7XmHXsogXD.JPG Wapres KH Ma'ruf Amin. (Foto : Okezone.com/Achmad Fardiansyah)

KOTA MALANG – Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menekankan pentingnya bahaya radikalisme yang tengah melanda Indonesia akhir-akhir ini. untuk memerangi radikalisme, ia mengatakan perlu kerjasama semua pihak.

Hal ini diungkapkan Ma'ruf Amin saat mengisi kuliah tamu di Universitas Islam Malang (Unisma) Malang, pada Rabu siang (27/11/2019).

"Saya mengapresiasi gerakan antiradikal yang digalangkan Unisma. Ini sangat relevan dengan situasi saat ini yang dapat mengancam kehidupan bernegara, sebagai umat Islam dan khususnya Nahdlatul Ulama," ujar Ma'ruf Amin.

Radikalisme akhir-akhir ini disebutnya mendompleng tatanan kehidupan bernegara dan berbangsa dengan dalih agama, suku, maupun kelompok tertentu untuk mendapatkan tujuan tertentu dan harus diperangi bersama.

"Radikalisme banyak mendompleng unsur kehidupan kenegaraan dan kebangsaan. Radikalisme dengan dalih agama, suku, maupun kelompok tertentu. Ini penyakit yang harus sama-sama kita perangi bersama untuk kehidupan lebih baik," tuturnya.

Wapres Ma'ruf Amin saat mengisi kuliah tamu di Universitas Islam Malang (Unisma) Malang, Rabu (27/11/2019). (Foto : Okezone.com/Avirista Midaada)

Dalam upaya memerangi radikalisme diperlukan kerjasama semua pihak, tak hanya mulai dari hulu hingga hilir, tapi juga pemberian imunisasi kepada masyarakat supaya tak terserang radikalisasi.

"Saya meyakini deradikalisasi harus dilakukan dari hulu sampai hilir, tapi juga imunisasi supaya masyarakat imun. Dimulai dari pendidikan, pesan lembaga pendidikan menjadi sangat penting. Gerakan Unisma antiradikalisme akan sangat berperan memerangi radikalisme untuk meningkatkan imunitas masyarakat. Harus dilakukan dari tingkat paling bawah mulai PAUD sampai perguruan tinggi," tuturnya.

Wakil Presiden Ma'ruf Amin melakukan kunjungannya ke sejumlah lokasi di Kota Malang sepanjang hari. Ia mengawali agendanya dengan kunjungan ke Universitas Brawijaya guna menghadiri International Halal and Thayyih Conference 2019.


Baca Juga : Fadli Zon: Isu Radikalisme-Terorisme Bisa Ditumpangi Kelompok Pengadu Domba

Kemudian, Ma'ruf Amin yang didampingi Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menghadiri kuliah tamu dan perayaan Dies Natalis ke - 39 Unisma sekaligus mendeklarasikan gerakan antiradikal di kampus tersebut.

Sore harinya, Ma'ruf Amin diagendakan mengunjungi Desa Tangkilsari, Kecamatan Tajinan, Kabupaten Malang, untuk meninjau pencegahan stunting.


Baca Juga : Isu Radikalisme Kini Jadi PR Pemerintah yang Harus Segera Diselesaikan

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini