nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

1.300 Pasukan Disiagakan Jelang HUT Papua Merdeka

Edy Siswanto, Jurnalis · Selasa 26 November 2019 19:33 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 11 26 337 2134767 1-300-pasukan-disiagakan-jelang-hut-papua-merdeka-9PETwExF0M.jpg Apel TNI dan Polisi (Foto: Okezone)

JAYAPURA - Sebanyak 1.300 personil Polri dan Brimob BKO Polda Papua dan TNI jajaran Kodam XVII/Cenderawasih disiagakan untuk antisipasi aksi perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) yang jatuh pada tanggal 1 Desember oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

Penebalan personel dilakukan di wilayah tambang PT. Freeport di Tembagapura, Kabupaten Mimika Papua.

Kapolda Papua, Irjen Polisi Paulus Waterpauw mengatakan jika antisipasi pergerakan dan gangguan keamanan KKB dilakukan dengan penebalan di wilayah itu.

"Jadi sasaran utama kita untuk pengamanan dan lapisan kekuatan kita tempatkan di sana (Tembagapura,red)," kata Kapolda, Selasa (26/11/2019).

Kapolda

Baca Juga: Polri Siapkan Pengamanan Jelang HUT OPM

Kapolda mengaku jika fokus penebalan pasukan pengamanan dilakukan menyusul adanya informasi atas rencana aksi gangguan keamanan.

"Kita lakukan karena adanya informasi-informasi akan ada gangguan kemananan di wilayah tambang multinasional itu (Pt. Freeport). Jadi kita sudah konsolidasikan semua, termasuk saat saya ke Kabupaten Asmat di Kota Agats, kita sudah konsolidasikan kekuatan di sana, termasuk di Timika khususnya," ungkapnya.

Informasi dihimpun, para pendulang rakyat di wilayah pembuangan limbah PT. Freeport, atau Tailing, sudah mulai meninggalkan lokasi pendulangan. Kondisi inipun diindikasikan sebagai pertanda akan adanya gangguan keamanan di wilayah itu.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini