Mesin Cetak e-KTP Diapresiasi Komisi II DPR RI

Harits Tryan Akhmad, Okezone · Selasa 26 November 2019 14:29 WIB
https: img.okezone.com content 2019 11 26 337 2134612 mesin-cetak-e-ktp-diapresiasi-komisi-ii-dpr-ri-uroR3kcvq8.jpg Ilustrasi (Dok. Okezone)

JAKARTA - Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Ditjen Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) kini telah melucurkan Mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM).

Terkait hal itu, Anggota Komisi II DPR RI Kamrussamad mengapresiasi program tersebut dan diiharapkan bisa menyelesaikan permasalahan percetakan dokumen seperti e-KTP.

“Itu merupakan terobosan tepat ditengah terkatung-katungnya penyelesaian e-KTP. Tapi Mendagri jangan meluncurkan program yang tidak menyelesaikan inti permasalahan e-KTP. Nanti pada akhirnya rakyat kecewa lagi,” ujar Kamrussamad saat dihubungi Okezone, Selasa (26/11/2019).

Ilustrasi E-KTP

Namun, dia menanyakan apakah mesin ADM itu dibarengi dengan ketersedian alat pendukung. Seperti misalnya blanko e-ktp yang merupakan salah satu tujuan adanya mesin ADM.

“Untuk apa ada mesin ADM jika blanko ektpnya kurang?” tutur dia.

Karena itu, dia menilai sebetulnya permasalahan e-ktp adalah pada ketersediaan blanko dan lambatanya percetakan karena semuanya berada di pusat.

“Warganya selesai melakukan perekaman data, tapi pencetakan KTP lambat sekali karena semua disiapkan di pusat,” katanya.

Baca Juga : Polisi Tangkap 2 Kurir yang Bawa 50.907 Butir Ekstasi & Sabu 8 Kg

Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Ditjen Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) kini telah melucurkan Mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM).

Peluncuran dilakukan pada Rakornas II yang digelar di Discovery Hotel, Jakarta, 25-27 November 2019. Ditjen Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) merupakan layanan Adminduk yang mentransformasikan semua pemikiran, perangkat, dan SDM ke dalam mesin yang mirip dengan ATM untuk mengambil uang cash.

Bagi warga yang ingin menggunakan ADM bisa datang ke Dinas Dukcapil terdekat tak ubahnya datang ke bank untuk mendapatkan PIN dan password. Setelah mendapatkan PIN dia bisa mencetak dokumen kependudukan yang dibutuhkan dan bisa menggunakan mesin ADM selama dua tahun dengan PIN itu.

"Kalau dia mau cetak kartu keluarga, KK, ajukan permohonan cetak KK. Nanti petugas Dukcapil akan mengirim notifikasi lewat SMS: 'Ini nomor Anda untuk mencetak KK'. Proses sederhananya seperti itu. ADM ini juga bisa melayani penduduk di luar domisili, misalnya kalau KTP-el hilang di jalan bisa mendatangi ADM utk mencetak KTP-el," tutur Dirjen Dukcapil Prof Zudan Arif Fakrulloh, Senin 25 November 2019. (aky)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini