Kemendagri Salurkan 2,5 Juta Blangko E-KTP

Sarah Hutagaol, Okezone · Selasa 26 November 2019 12:45 WIB
https: img.okezone.com content 2019 11 26 337 2134560 kemendagri-salurkan-2-5-juta-blangko-e-ktp-deNOhbfppf.jpg Ilustrasi (Okezone)

JAKARTA – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) memastikan stok blangko e-KTP tersedia hingga akhir tahun ini. Dalam kurun November hingga Desember 2019, pemerintah akan menyalurkan 2,5 juta keping blangko e-KTP ke seluruh Indonesia.

“Jadi dua bulan ini akan ada penambahan 2,5 juta keping (blangko e-KTP) lagi,” kata Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kemendagri Zudan Arif Fakrullah di Jakarta, Selasa (26/11/2019).

Baca juga: Begini Cara Mencetak E-KTP hingga KK di Mesin ADM

Mulai Rabu 27 November besok atau setelah Rakornas Dukcapil ditutup, Arif mengatakan, Kemendagri akan menyalurkan 1 juta keping blangko e-KTP.

“Tanggal 27 (November) setelah rakor ini ditutup, Dukcapil akan membagi kurang lebih 1 juta keping ke seluruh Indonesia,” ujar Zudan.

Pada Desember nanti, Kemendagri akan kembali menyalurkan 1,5 juta blangko e-KTP.

 Ilustrasi

Ilustrasi e-KTP (Okezone.com/Putra RA)

Penyaluran blangko e-KTP tersebut disesuaikan dengan kebutuhan daerah. Daerah yang berpenduduk banyak atau di atas 500 ribu jiwa diberikan 4.000 blangko. Sementara daerah yang berpenduduk di bawah 500 ribu jiwa, akan dijatah 1.000 blangko.

Menurut Zudan, blangko e-KTP tersebut untuk memenuhi permintaan masyarakat sampai akhir tahun. Kemendagri, kata dia, sedang meminta persetujuan DPR RI untuk mendapat pergeseran anggaran dari komponen-kompenan di Kemendagri untuk membeli blangko e-KTP tambahan.

Kebutuhan blangko e-KTP bisa saja bertambah setelah pemerintah meluncurkan Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM), mesin serupa ATM yang bisa mencetak e-KTP, kartu keluarga, akta kelahiran, kematian hingga kartu identitas anak.

Baca juga: Ada Mesin ADM, Mendagri Tito : Buat e-KTP Hanya 1,5 Menit

Dengan adanya mesin itu, masyarakat bisa mencetak langsung e-KTP, KK hingga akta kelahiran sendiri di mesin tersebut seperti layaknya bertransaksi di ATM.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini