Berikan Penghargaan ke 15 Ormas, Mendagri: Ormas sebagai Penyeimbang Negara

Muhamad Rizky, Okezone · Senin 25 November 2019 12:53 WIB
https: img.okezone.com content 2019 11 25 337 2134083 berikan-penghargaan-ke-15-ormas-mendagri-ormas-sebagai-penyeimbang-negara-KMFjN5nAUp.jpg Kemendagri berikan penghargaan terhadap 15 ormas di Hotel Kartika Candra, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Senin (25/11/2019). (Foto : Okezone.com/Muhamad Rizky)

JAKARTA – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) memberikan penghargaan kepada sejumlah organisasi masyarakat (ormas) dalam acara Anugerah Ormas Award 2019. Penghargaan itu diberikan langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian.

Tito mengungkapkan, keberadaan ormas sangat penting sebagai bagian dari penyeimbang sebuah negara dan menjaga keutuhan bangsa Indonesia.

"Satu peran penting civil society adalah ormas sebagai penyeimbang agar negara tidak semaunya mulai dari planning hingga eksekusi. Ini akan menghindari sistem yang otoritarian ke arah sistem demokratis," kata Tito saat memberikan sambutan di Hotel Kartika Candra, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Senin (25/11/2019).

Kemendagri berikan penghargaan terhadap 15 ormas di Hotel Kartika Candra, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Senin (25/11/2019). (Foto : Okezone.com/MuhamadRizky)

Selain sebagai penyeimbang, kata Tito, ormas mendorong sistem check and balance untuk lahirnya bangsa. Namun, mantan Kapolri mengingatkan, ada batasan yang harus diperhatikan ormas.

"Pertama, harus menghargai hak-hak asasi orang lain. Kedua harus menjaga ketertiban umum atau publik. Ketiga mengindahkan etika dan moral. Keempat harus menjaga national security, tapi dalam bahasa UU menjadi menjaga persatuan bangsa. Jadi itu harus ditaati termasuk membentuk ormas," tuturnya.

Tito berharap ormas nantinya bisa terus menjadi penyeimbang negara dan selalu memberikan kontribusi positif, baik melalui kritik maupun saran dalam membangun masyarakat.

"Pemerintah tak boleh alergi selama membangun. Selain kritik ormas juga harus mampu menginisiasi invasi dan berkolaborasi positif," tuturnya.

Berikut daftar lengkap sejumlah ormas dari beberapa kategori yang berhasil meraih penghargaan dari Kemendagri:

Kemendagri berikan penghargaan terhadap 15 ormas di Hotel Kartika Candra, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Senin (25/11/2019). (Foto : Okezone.com/MuhamadRizky)

Bidang Pendidikan: Selamat Pagi Indonesia

Bidang Pemberdayaan Perempuan: Kapal Perempuan

Bidang Tata Kelola Pemerintahan: Perludem

Bidang Kebudayaan: Yayasan Kebudayaan Rancage

Bidang Penanggulangan Bencana : Yayasan IDEP

Bidang Kesehatan: Yayasan Thalasemia Indonesia

Bidang Lingkungan Hidup: Yayasan Pendidikan Konservasi Alam

Bidang Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat : LPSDM

Kategori Pemda Pembina Ormas, Tingkat Provinsi: Provinsi Jawa Timur

Tingkat Kabupaten: Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu

Baca Juga : Bentrokan Dua Ormas di Bekasi, Satu Orang Terluka Parah

Tingkat Kota: Kota Palopo, Sulawesi Selatan.

Kategori Penghargaan Khusus Bakti Sepanjang Masa: Mathlaul Anwar, Aisyiyah, Muslimat NU, Kongres Wanita Indonesia (Kowani).

Baca Juga : Polisi Periksa Kepala Bappenda Bekasi Terkait Surat Tugas Ormas Jaga Parkir

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini