Fadli Zon Sebut Ada Potensi Ancaman di HUT OPM 1 Desember

Fahreza Rizky, Okezone · Minggu 24 November 2019 09:36 WIB
https: img.okezone.com content 2019 11 24 337 2133742 fadli-zon-sebut-ada-potensi-ancaman-di-hut-opm-1-desember-xGsMXbxIMd.jpg Fadli Zon (Foto: Okezone)

JAKARTA - Anggota Komisi I DPR yang membidangi urusan pertahanan, Fadli Zon, mengatakan ada potensi ancaman pada saat perayaan hari ulang tahun (HUT) Organisasi Papua Merdeka (OPM) pada 1 Desember 2019 mendatang.

"Saya melihat itu ada potensi ancaman karena dari sisi gerakan dan juga langkah-langkah yang selama ini cukup sistematis," kata Fadli usai usai menghadiri acara bedah buku dan diskusi panel "PKI Dalang dan Pelaku Kudeta G30S/1965" di Gedung Lemhanas, Jakarta, Sabtu 23 November 2019.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra itu menilai pemerintah terkadang selalu underestimate atau meremehkan dalam persoalan separatisme ini. Bahkan terkesan menutup-nutupinya.

"Kadang kita terlalu underestimate dalam persoalan separatisme ini denga menutup-nutupinya. Jadi harus ada langkah-langkah yang konkrit, nyata dan antisipatif untuk menghadapi 1 Desember," jelasnya.

"Saya sih melihat ada semacam gerakan-gerakan itu terutama melakukan internasionalisasi isu itu," sambung Fadli.

OPM

Baca Juga: Polri Siapkan Pengamanan Jelang HUT OPM

Diwartakan sebelumnya, pemerintah mengantisipasi aspek politik dan keamanan di balik penyelenggaraan HUT OPM pada 1 Desember 2019 mendatang. Aspek politik yang dimaksud yakni adanya penggiringin opini miring soal Papua.

"Itu juga menjadi perhatian kita agar Papua itu hati-hati segi politisnya. Kalau segi keamanannya sebenarnya sih sudah standar yang dilakukan tapi kalau segi politis itu kadangkala membangun opini yang tidak-tidak, yang tidak diduga tiba-tiba muncul opini yang sebenarnya di lapangan tidak ada," kata Mahfud di Gedung Kemenko Polhukam, Jakarta, Selasa 5 November 2019.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini