nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Peristiwa 24 November: Charles Darwin Populerkan Teori Evolusi

Puteranegara Batubara, Jurnalis · Minggu 24 November 2019 06:04 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 11 24 337 2133716 peristiwa-24-november-charles-darwin-populerkan-teori-evolusi-boCgo0cHEX.jpg Charles Darwin (Foto: Ist)

JAKARTA - Beberapa peristiwa dan catatan sejarah penting terjadi baik dalam maupun luar negeri yang terjadi pada tanggal 24 november tiap tahunnya. Beberapa diantaranya adalah, kelahiran tokoh Muhammadiyah Ki Bagus Hadikusuma hingga tersangka penembak Presiden AS John F Kennedy dihukum mati.

Untuk mengingat ataupun menambah wawasan sejarah, Okezone telah merangkum sejumlah peristiwa dan kejadian penting di tanggal 24 November dari Wikipedia, antara lain:

1. Kelahiran tokoh Muhammadiyah Ki Bagus Hadikusuma

Ki Bagoes Hadikoesoemo atau Ki Bagus Hadikusumo lahir di Yogyakarta, 24 November 1890 – meninggal di Jakarta, 4 November 1954 pada umur 63 tahun) adalah seorang tokoh BPUPKI. Ia dilahirkan di kampung Kauman dengan nama R. Hidayat pada 11 Rabi'ul Akhir 1308 H (24 November 1890).

Ki Bagus adalah putra ketiga dari lima bersaudara Raden Kaji Lurah Hasyim, seorang abdi dalem putihan (pejabat) agama Islam di Kraton Yogyakarta.

Setelah meninggal, Pemerintah Republik Indonesia menetapkannya sebagai Pahlawan Perintis Kemerdekaan Nasional Indonesia.

2. Charles Darwin Publikasikan Teori Evolusi

Charles Darwin

Charles Robert Darwin, adalah seorang naturalis dan ahli geologiInggris, paling dikenal untuk kontribusinya kepada teori evolusi.

Dia menetapkan bahwa semua spesies dari kehidupan telah diturunkan dari waktu ke waktu dari nenek moyang bersama, dan dalam publikasi bersama dengan Alfred Russel Wallacememperkenalkan teori ilmiah bahwa pola percabangan evolusi dihasilkan dari sebuah proses yang dia sebut seleksi alam.

Dimana perjuangan untuk eksistensi memiliki efek yang sama dengan seleksi buatan yang terlibat dalam pemuliaan selektif.

3. Polisi umumkan 4 orang terduga pengeboman Kedubes Australia

Pada tahun 23 November 2004 pihak kepolisian Indonesia mengumumkan bahwa empat orang yang diduga terlibat dalam aksi pengeboman Kedubes Australia di Jakarta telah ditangkap

Pengeboman Kedubes Australia 2004 atau yang biasanya disebut Bom Kuningan terjadi pada tanggal 9 September 2004 di Jakarta. Ini merupakan aksi terorisme besar ketiga yang ditujukan terhadap Australia yang terjadi di Indonesia setelah Bom Bali 2002 dan Bom JW Marriott 2003.

4. Tersangka penembak Presiden AS John F Kennedy dihukum mati

Lee Harvey Oswald adalah tersangka pembunuh presiden Amerika Serikat John F. Kennedy. Dua hari setelah ia ditangkap polisi, Lee Oswald ditembak mati oleh Jack Ruby dalam siaran langsung televisi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini