nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Survei Indonesia Political Opinion: 64% Masyarakat Optimis dengan Kebinet Jokowi

Muhamad Rizky, Jurnalis · Sabtu 23 November 2019 15:26 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 11 23 337 2133569 survei-indonesia-political-opinion-64-masyarakat-optimis-dengan-kebinet-jokowi-0GM4qCoWzd.jpg Kabinet Indonesia Maju. (Foto: Okezone.com/Arif Julianto)

JAKARTA - Indonesia Political Opinion (IPO) membuat survei terkait pendapat publik tentang tingkat kepercayaan publik terhadap kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi) di periode keduanya. Hasilnya, 64 persen masyarakat menilai positif sejumlah nama yang dipilih Jokowi.

"Kami punya empat skema yang menandakan bahwa publik lebih percaya bahwa Indonesia dengan komposisi kabinet sekarang, optimis itu ada sekira 64%. Menurut saya itu sangat tinggi," kata Direktur Indonesia Political Opinion Dedi Kurnia Syah Putra, dalam diskusi Jakarta Pusat, Sabtu (23/11/2019).

Sementara kata Kurnia, sebanyak 23 persen publik tidak yakin Indonesia akan maju, dan 9 persen ragu-ragu, dan tidak menjawab tidak tahu.

"Dengan kondisi ini artinya ada angka di atas 50 persen bahwa publik optimis. Bisa saya katakan Pak Jokowi berhasil dalam menyusun kabinet," ucapnya.

Dedi menjelaskan, keyakinan publik dilandasi dipilihnya figur yang dianggap mampu mengemban tugas di kementeriannya, seperti Prabowo Subianto dan Sri Mulyani.

(Foto: Okezone.com/Arif Julianto)

"Pertama adalah kepercayaan pabrik terkait dengan tokoh yang ditempatkan di kabinet yang mendapat perolehan kepercayaan tertinggi adalah Prabowo Subianto, artinya Prabowo Subianto dianggap publik paling sesuai dengan Kementerian Pertahanan, kemudian disusul oleh Ibu Sri Mulyani," tuturnya.

Selain itu Erick Thohir juga dipercaya oleh publik sebanyak 11 persen untuk memimpin Kementerian BUMN. "Selanjutnya yang juga tinggi adalah Bapak wishnutama dengan kepercayaan publik sebesar 10,9 persen disusul oleh Pak Mahfud MD 9,3 persen," tambah Kurnia.

Adapun posisi yang paling rendah mendapat kepercayaan publik seperti Mendagri Tito Karnavian dan Eddy Prabowo yang memimpin Kementerian Kelautan dan Perikanan.

"Menteri Agama tidak posisi terendah Pak fahrurrozi memperoleh kepercayaan publik sebanyak 1,5 persen artinya beliau dianggap okelah tapi memang tidak tinggi," tukasnya.

Untuk diketahui, survei tersebut dilakukan pada 30 Oktober hingga 2 November 2019 dengan jumlah responden 800 orang yang tersebar di 27 provinsi. Metode wawancara menggunakan kuesioner dengan margin of error sekitar 4,5 persen. Pertanyaan yang diberikan yakni terkait apakah tokoh dalam kabinet Jokowi, dirasa sesuai dengan kementeriannya. (qlh)

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini