Partai Gelora Perlu Rekrut Tokoh di Luar Islam demi Perkuat Basis Massa

Fadel Prayoga, Okezone · Sabtu 23 November 2019 07:30 WIB
https: img.okezone.com content 2019 11 23 337 2133459 partai-gelora-perlu-rekrut-tokoh-di-luar-islam-demi-perkuat-basis-massa-MwyuXH4FqI.JPG Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah (Foto: Instagram/@fahrihamzah)

JAKARTA - Partai Gelombang Rakyat (Gelora) terus bergerak membentuk pengurus di daerah-daerah untuk memperkuat fondasi parpol besutan Fahri Hamzah dan Anis Matta tersebut.

Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno menyebut, untuk memperkuat basis massa dari Partai Gelora, maka diharapkan ada perekrutan seorang tokoh politik di luar Islam untuk menjadi kader. Namun, ia tak menjelaskan sosok yang dinilai bisa membawa dampak positif tersebut.

“Sangat penting merekrut tokoh lain untuk mengesankan Gelora partai inklusif dan plural. Akan sangat mantap kalau ada tokoh di luar Islam yang bergabung,” kata Adi saat berbincang dengan Okezone di Jakarta, Sabtu (23/11/2019).

Menurut dia, Gelora jangan hanya berharap dari kader PKS yang sakit hati saja sebagai anggota partainya. Sebab, bila mereka bisa menampung orang di luar pemeluk agama Islam dan memiliki pemahaman politik yang sama, maka diharapkan dapat diterima ke dalam bagian salah satu kader Gelora.

“Gelora kalau mau kuat harus memperluas ceruk pemilih mereka. Bukan segmen Islam, bukan pula ngarep sempalan PKS, tapi basis pemilihnya harus pelangi,” ujarnya.

Apabila kader Gelora terdiri dari berbagai macam ras, suku dan agama, ia meyakini jika partai itu akan menjadi parpol yang diperhitungkan oleh partai lain dalam perhelatan Pileg 2024 mendatang. Sebab, jika mereka hanya terfokus untuk merekrut kader yang berasal dari Islam saja, maka saingannya hanya PKS.

“Salah fatal kalau Gelora niatnya hanya ingin kalahkan PKS. Niatnya harus menang lolos Senayan dan bersaing dengan partai lain,” kata dia.

Sebelumnya, Partai Gelora membentuk pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) di 27 kabupaten dan kota di Jawa Barat, untuk memperkuat basis politiknya hingga tingkat bawah. DPD tingkat II nantinya diharapkan bisa merekrut banyak kader.

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Gelora Jawa Barat, Haris Yuliana sudah menyerahkan surat keputusan (SK) kepengurusan kepada 27 ketua DPD Gelora kabupaten dan kota di Jawa Barat, sebagai seremoni peresmian pembentukan pengurus daerah partai yang digagas Anis Matta dan Fahri Hamzah Cs tersebut

"Dengan ini, kita minta setiap wilayah untuk membentuk pengurus sampai tingkat paling bawah," kata Haris saat menyerahkan SK ke ketua DPD Gelora se Jawa Barat di Bandung, Rabu 20 Novemvber 2019.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini