Cegah Kebocoran Anggaran, Prabowo Sisir Belanja Alutsista

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Jum'at 22 November 2019 20:31 WIB
https: img.okezone.com content 2019 11 22 337 2133381 cegah-kebocoran-anggaran-prabowo-sisir-belanja-alutsista-Owu5Zqs6IB.jpg Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto memastikan telah melaksanakan perintah Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menyisir belanja alat utama sistem senjata (alutsista) guna menangkal kebocoran anggaran.

"Kita review semua, semua proyek, pengadaan, kita review. kita cek lagi harga, kita cek lagi teknologinya tepat atau tidak, dan benar-benar lihat yang dibutuhkan pasukan kita di depan, TNI AL, AD, dan AU apa yang benar-benar mereka butuh," kata Prabowo di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (22/11/2019).

Prabowo menegaskan tak akan membuka apa saja rencana belanja alutsista yang akan dievaluasi tersebut. Kemenhan, kata dia, juga akan fokus penguatan industri pertahanan dalam negeri dengan melakukan kerja sama dengan negara lain.

"Kita akan berusaha sebanyak mungkin pengadaan itu dari industri dalam negeri. Tidak hanya Pindad, ada PT DI, ada LEN, ada juga perusahaan-perusahaan swasta yang hebat-hebat juga," ujarnya.

Baca Juga: Prabowo Jajaki Kerjasama Pertahanan dengan Menhan Ghana

Ilustrasi Foto: Ist

Prabowo juga menyatakan bahwa perjanjian imbal beli pesawat Sukhoi dari Rusia akan tetap dilanjutkan. Ia ingin adanya penghematan dalam belanja alutsista untuk pertahanan di Tanah Air.

"Tidak boleh ada kebocoran, tidak boleh ada penyimpangan, penyelewengan. Uang sangat berat didapat, uang rakyat, dari pajak. Jadi itu terus menerus ditekankan oleh Bapak Presiden kepada saya, dan saya menyambut sangat baik perintah itu," sambungnya.

"Kita benar-benar ingin jaga, tidak ada kebocoran, tidak ada penggelembungan, mark up uang tidak masuk akal sedang kita berusaha," ujarnya.

Baca Juga: Lawatan Perdana ke Malaysia, Prabowo Optimis Kerjasama Pertahanan Makin Baik

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini