Ini Imbauan BMKG Hadapi Musim Pancaroba

Fadel Prayoga, Okezone · Jum'at 22 November 2019 07:02 WIB
https: img.okezone.com content 2019 11 22 337 2132977 ini-imbauan-bmkg-hadapi-musim-pancaroba-2E1m4EN667.jpg Pohon tumbang sangat rawan terjadi saat musim pancaroba (Foto: Okezone.com/Dede Kurniawan)

JAKARTA – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG) memprediksi adanya potensi hujan lebat disertai angin kencang, kilat petir di beberapa wilayah Indonesia. Hal itu dikarenakan pada bulan ini memasuki musim pancaroba atau pergantian musim dari kemarau ke hujan.

Peneliti Iklim dan Cuaca BMKG, Siswanto mengatakan, daya konvektif yang besar saat pancaroba dapat menyebabkan awan cumulonimbus menjulang lebih tinggi, sehingga dapat menyebabkan tiga fenomena, yaitu hujan lebat, hujan es dan angin kencang atau puting beliung.

“Seiring dengan masa peralihan musim (pancaroba), semua wilayah hendaknya bersiaga pada potensi hujan ekstrem berdurasi singkat, puting beliung dan angin kencang. Jenis bencana ini bersifat acak dan susah diprediksikan secara presisi,” kata Siswanto kepada Okezone, Jumat (22/11/2019).

Ia mengimbau kepada seluruh pemangku kepentingan di seluruh daerah untuk bekerja sama dalam mengatasi mitigasi bencana yang datang saat pergantian musim tersebut.

“Kami imbau untuk menebang pohon yang sudah rapuh, atau yang menjulang terlalu tinggi. Membersihkan drainase lingkungan sekitar,” ujarnya.

Hujan DerasHujan deras di Depok (Foto: Okezone/Wahyu)

Selain itu, lanjut dia, sebaiknya warga rutin mengecek kondisi rumah untuk memastikan tidak ada kebocoran atau saluran air yang tersumbat hingga membuat malapetaka ketika hujan lebat melanda kawasan tempat tinggal mereka.

“Bagi lembaga yang berwenang dapat melakukan inspeksi sungai dan saluran, melakukan normalisasi dan pengurangan sampah,” tuntasnya.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini