nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

7 Stafsus dari Kalangan Milenial Harus Selaras dengan Visi Jokowi

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Kamis 21 November 2019 22:02 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 11 21 337 2132927 7-stafsus-dari-kalangan-milenial-harus-selaras-dengan-visi-jokowi-WzslKRKX7k.jpg 7 Stafsus Presiden Jokowi dari Kalangan Milenial (foto: Okezone/Fakhrizal Fakhri)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memperkenalkan tujuh staf khusus dari kalangan milenial di beranda Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (21/11/2019). Kini, Jokowi memiliki total 14 orang stafsus.

Ketujuh stafsus Jokowi dari kalangan milenial itu di antaranya: Angkie Yudistia, Pendiri Thisable Enterprise; Aminuddin Ma’ruf, Mantan Ketua Umum Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Periode 2014-2017; Adamas Belva Syah Devara, Pendiri Ruang Guru.

Baca Juga: Jokowi Umumkan 7 Staf Khusus dari Kalangan Milenial 

Kemudian, Ayu Kartika Dewi, Perumus Pergerakan Sabang Merauke; Putri Indahsari Tanjung, CEO dan Founder Creativepreneur; Andi Taufan Garuda Putra, CEO Amarta; dan Gracia Billy Mambrasar, Pemuda asal Papua yang mendapatkan beasiwa di Universitas Oxford.

"Ketujuh anak muda ini akan menjadi teman diskusi saya, harian, mingguan, bulanan. (Mereka) berikan gagasan segar inovatif sehingga bisa cari cara baru yang melompat untuk kejar kemajuan, sekaligus menjadi jembatan saya bagi anak muda santri muda diaspora yang tersebar di berbagai tempat," kata Jokowi.

Presiden Jokowi memperkenalkan 7 staf khusus dari kalangan milenial. 

Menanggapi hal itu, Sekjen Pergerakan Masyarakat Milenial, Muktar Anshori Attijani mengapresiasi keputusan Jokowi yang telah menunjuk 7 stafsus milenial.

Menurutnya, stafsus dari kalangan milenial merupakan angin segar untuk regenerasi kepemimpinan nasional. Apalagi, kata Mukhtar, ketujuh orang yang ditunjuk memiliki reputasi dan rekam yang tidak perlu diragukan.

"Sangat nampak Presiden (Jokowi) berpikir masa depan dengan memberi ruang kepada Milenial untuk berada disampingnya setiap waktu. Tentu mereka tidak hanya menemani memberikan masukan tapi sekaligus belajar menjadi pemimpin negara," kata Mukhtar, Kamis (21/11/2019).

Mukhtar menekankan, tujuh nama dari total 14 Stafsus yang akan membantu kerja Jokowi 5 tahun mendatang harus benar-benar memberikan kontribusi yang nyata dalam membangun bangsa.

Menurutnya, para stafsus milenial itu, harus selaras dengan visi Jokowi dan menjadi penyambung lidah berbagai inovasi dan gagasan besar pemerintahan di kalangan anak muda.

Baca Juga: 14 Stafsus Jokowi, dari Anak Konglomerat hingga Kader Partai 

"Stafsus harus rajin berkeliling menjadi penyambung lidah Istana, sekaligus menyerap berbagai aspirasi dari kalangan Milenial," ucap Mukhtar.

Perlu diketahui, Presiden Jokowi juga memastikan bahwa dirinya juga masih menunjuk sejumlah stafsus di periode pertamanya untuk kembali menjabat stafsus. Mereka adalah Anak Agung Gde Ngurah Ari Dwipayana, akademisi; Sukardi Rinakit, intelektual; Arif Budimanta, ekonom Megawati Institute; Diaz Hendropriyono, Ketua Umum PKPI; Dini Shanti Purwono, Kader PSI, ahli hukum lulusan Harvard; Anggit Nugroho, asisten pribadi Jokowi; dan Fadjroel Rachman.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini