nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pemerintah AS Berduka atas Meninggalnya Bahtiar Effendy

Debrinata Rizky, Jurnalis · Kamis 21 November 2019 16:40 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 11 21 337 2132784 pemerintah-as-berduka-atas-meninggalnya-bahtiar-effendy-16GTVEqcC0.jpg Dubes Amerika Serikat Untuk Indonesia, Joseph R. Donovan (foto: Okezone)

JAKARTA – Pemerintah Amerika Serikat menyampaikan duka cita atas meninggalnya Bahtiar Effendy. Duta Besar AS untuk Indonesia Joseph R. Donovan mengatakan, Bahtiar Effendy akan selalu dikenang karena kontribusinya dalam mendorong pluralisme agama di Indonesia.

“Atas nama pemerintah Amerika Serikat, saya menyampaikan belasungkawa yang mendalam untuk keluarga Bahtiar Effendy, Ketua PP Muhammadiyah Bidang Hubungan Luar Negeri dan profesor ilmu politik di Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah,” kata Donovan dalam pernyataan resminya diterima Okezone, Kamis (21/11/2019).

Baca Juga: Sosok Bahtiar Effendy di Mata Akbar Tanjung 

“Bahtiar Effendy sangat dihormati dan akan dikenang karena kontribusinya yang teguh dalam mendorong rasa hormat terhadap keberagaman dan pluralisme agama di Indonesia,” sambungnya.

Bahtiar Effendi. Foto Muhammadiyah	 

Bahtiar Effendy, lanjut Donovan, merupakan seorang lumni program Fulbright yang memperoleh gelar ganda dari universitas di AS, seorang penulis yang produktif, dan seorang kolega yang penting.

“Saya merasa senang pernah bertemu dengan beliau di berbagai kesempatan dan selalu terkesan dengan wawasan dan komitmennya untuk membuka dialog dan kemajuan sosial. Meninggalnya beliau merupakan suatu kehilangan besar bagi rakyat Indonesia.”

Bahtiar Effendy meninggal dunia di ICU RSIJ Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Kamis dini hari dalam usia 61 tahun. Bahtiar yang merupakan cendikiawan muslim produktif menuangkan berbagai ide dan pemikirannya dalam buku.

Muhammadiyah menyatakan merasa kehilangan sosok penting dalam organisasinya.

Baca Juga: Mengenang Bahtiar Effendy, Santri Intelektual dan Pakar Politik Islam

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini