nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Komisi III Bakal Cecar BNPT yang Dinilai Lambat Menangani Aksi Terorisme

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Kamis 21 November 2019 12:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 11 21 337 2132617 komisi-iii-bakal-cecar-bnpt-yang-dinilai-lambat-menangani-aksi-terorisme-1EKqUWJZE1.jpg Ilustrasi. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Komisi III DPR RI menggelar rapat kerja dengan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT). Dalam rapat ini rencananya Komisi III bakal menanyakan peran BNPT dalam deteksi dini terorisme.

“Jadi kemungkinan nanti akan mendalami lagi sejauh ini bagaimana kinerja BNPT terkait dengan deteksi dini,” ujar Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Adies Kadir di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (21/11/2019).

Adies berkata, berkaca dari beberapa kejadian teror yang ada di Indonesia, saat ini petugas gampang sekali mengetahui siapa identitas pelaku dan jaringan apa dia tergabung. Karena itulah dia akan menanyakan mengapa aksi teror itu tak bisa diantisipasi.

“Berarti ini kan sebenarnya sudah terdeteksi? Tetapi mengapa kejadian ini bisa terjadi dan tidak diantisipasi,” tegas Adies.

Foto: Istimewa

Karenanya, Adies menekankan bahwa tugas BNPT sejatinya adalah melakukan antisipasi terhadap teror-teror yang ada.

Bahkan, lanjut Adies, Anggota Komisi III menilai selama ini kinerja BNPT hanya sebatas melakukan sosialisasi dan lambat dalam penanganan. Dia pun menyebutkan bahwa ada wacana untuk mengevaluasi kinerja BNPT.

"Kita tahu, satu bulan terakhir sudah dua kali terjadi, satu menimpa satu pejabat, Menko Polhukam, kedua kemarin terjadi lagi di Sumatera Utara. Inilah hal-hal yang nanti akan kita tanyakan,” ujar Adies.

“Sampai pada kesimpulan, ini celetukan kawan-kawan untuk mengevaluasi apakah BNPT ini masih bisa diandalkan untuk mendeteksi terorisme atau sudah waktunya dievaluasi,” kata dia.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini