Jokowi Ingin Industri Tekstil Dongkrak Jumlah Ekspor

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Kamis 21 November 2019 11:45 WIB
https: img.okezone.com content 2019 11 21 337 2132608 jokowi-ingin-industri-tekstil-dongkrak-jumlah-ekspor-1ZEpxy9Rbu.jpg Presiden Jokowi (Foto: Ist)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima pengurus dan anggota Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) dan Asosiasi Produsen Serat Sintesis dan Benang Filamen Indonesia (APSyFI) di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (21/11/2019).

Kepala Negara sebelumnya telah mengundang API dan APSyFI pada bulan lalu guna membahas persoalan tekstil di Tanah Air.

"Kita harapkan dengan kabinet baru bisa kita sambungkan lagi apa yang kita bicarakan pada bulan September lalu," ujarnya.

Baca Juga: Jokowi Panggil Perwira TNI-Polri yang Akan Naik Pangkat ke Istana

Jokowi Foto: Ist

Jokowi menekankan, komoditas tekstil harus mampu menaikkan jumlah ekspornya untuk menaikkan perekonomian negara. Selain itu, industri tekstil juga harus disiapkan sebagai peluang investasi baru.

"Sebuah kawasan atau yang dulu ingin dibangun adalah apparel park atau sebuah kawasan untuk dari mulai bahan baku sampai nanti industri semuanya berada di satu tempat," ujar dia.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu meminta untuk menekan tekstil impor dari luar. Menurut dia, industri tekstil dalam negeri harus menjadi prioritas sehingga tak boleh banyak persaingan barang impor dari luar.

"Termasuk juga nanti Bu Menkeu berkaitan pusat logistik berikat di mana ternyata di situ banyak masuk barang-barang yang diproduksi oleh industri tekstil kita yang menjadi pesaing berat pada saat dijual di pasar," ujarnya.

Baca Juga: Jokowi Terima Surat Kepercayaan 14 Dubes Negara Sahabat di Istana

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini