nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

IPW Minta DPR Dalami soal Kekosongan Jabatan Kabareskrim Polri

Muhamad Rizky, Okezone · Kamis 21 November 2019 07:02 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 11 21 337 2132483 ipw-minta-dpr-dalami-soal-kekosongan-jabatan-kabareskrim-polri-R6s7GKF2E7.jpg Neta S Pane (Foto: Okezone)

JAKARTA - Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane meminta agar Dewan Perwakilam Rakyat (DPR) RI khususnya Komisi III untuk mendalami kekosongan jabatan Kabareskrim pasca di tinggalkan oleh Idham Azis yang diangkat sebagai Kapolri.

Menurut Neta, calon Kabareskrim baru sudah ada yakni Kadiv Propam Irjen Sigit, namun ia heran mengapa sirat telegram Sigit tak kunjung di keluarkan.

"Komisi III DPR perlu memanggil Kapolri Idham Azis dan mempertanyakan, kenapa posisi Kabareskrim dibiarkan kosong selama 20 hari dan jika sudah menetapkan Irjen Sigit sebagai Kabareskrim, kenapa TRnya tidak kunjung dikeluarkan," kata Neta dalam keterangan tertulisnya, Kamis (21/11/2019).

IPW

Baca Juga: Kapolri Diminta Jangan Ragu Untuk Tentukan Kabareskrim Baru

Neta meminta agar Komisi III DPR mendalami soal mengapa pengganti Kabareskrim yang baru lama dilakukan. Sebab menurutnya hal itu penting dilakukan agar tidak mengganggu kinerja Polri.

"Ada apa sesungguhnya di tubuh Polri setelah Idham Azis diangkat sebagai Kapolri. Berbagai pertanyaan ini harus digali Komisi III terhadap Kapolri Idham Azis agar kinerja Polri dalam melindungi, mengayomi, dan melayani masyarakat tidak terganggu dan tidak terjadi kebingungan yang berkepanjangan di internal Polri," paparnya.

Sebelumnya, Neta menduga bahwa terjadi tarik-menarik terkait penempatan Sigit sebagai Kabareskrim baru. Padahal kata dia Presiden Jokowi dan Kapolri Idham Azis sudah sepakat memilih Sigit sebagai Kabareskrim.

"Informasi yang diperoleh IPW, ada dua ganjalan yang membuat TR Kabareskrim tersebut belum juga dikeluarkan, yakni faktor agama dan Sigit dianggap masih terlalu muda, yakni dari Akpol 1991," tukasnya.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini