Firli Bahuri Ingin Gaji Pegawai KPK Tak Dipangkas saat Jadi PNS

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Rabu 20 November 2019 19:11 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 11 20 337 2132370 firli-bahuri-ingin-gaji-pegawai-kpk-tak-dipangkas-saat-jadi-pns-tNTClV2lnn.jpg Firli Bahuri (Okezone.com/Harits)

JAKARTA - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terpilih, Irjen Firli Bahuri enggan mengomentari pasal dalam Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2019 tentang KPK yang memerintahkan agar pegawai KPK dialihkan statusnya menjadi pegawai negeri sipil (PNS) atau aparatur sipil negara (ASN).

Menurut dia, pemindahan status pegawai lembaga antirasuah itu merupakan kewenangan dari Kemenpan-RB. Namun, dia berharap jika pegawai KPK dialihkan status jadi PNS, maka gajinya jangan diturunkan alias dipangkas.

Baca juga: Pegawai KPK Jadi ASN, BKN: Tunggu Aturannya!

Firli mengaku siap menjalankan UU KPK setelah sah memimpin KPK nanti.

"Itu adalah kementerian yang mengatur itu. Tentu ada Menpan-RB, dan ada aturan tertentu. Prinsipnya kita ikuti seluruh aturan dan jangan pernah melanggar aturan," kata Firli Bahuri usai bertemu Presiden Jokowi di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (20/11/2019).

 KPK

Gedung KPK (Okezone.com/Putera)

Firli enggan menanggapi saat ditanya bagaimana bila ada pegawai KPK menolak menjadi ASN. "Aku enggak mau merespons yang saya tidak tahu. Saya tidak mau berandai-andai karena memilih itu adalah hak, pindah alih status ASN silakan, yang mau, terserah. Jangan tanya saya, saya enggak bisa jawab," tutur Firli yang baru dua hari menjabat Kabaharkam Polri.

Baca juga: Pegawai KPK Akan Jadi PNS, Apa Kata Menpan RB?

Mantan Kapolda Sumatera Selatan itu menegaskan akan melaksanakan seluruh perintah UU saat menjabat Ketua KPK, termasuk terkait alih status pegawai KPK. Jika status pegawai KPK jadi ASN, maka Firli berharap kesejahteraannya tak diturunkan.

"Yang pasti seluruh pegawai harus tetap sejahtera, gaji enggak boleh turun. Itu yang penting," pungkasnya.

(sal)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini