nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ketua KPK Minta Penyidik Tak Pakai Kopiah saat Gelar OTT

Puteranegara Batubara, Jurnalis · Rabu 20 November 2019 14:03 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 11 20 337 2132207 ketua-kpk-minta-penyidik-tak-pakai-kopiah-saat-gelar-ott-7gULaZNmOw.jpg Ketua KPK, Agus Rahardjo bersama Gus Muwafiq (foto: Okezone.com/Putera)

JAKARTA - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meminta kepada seluruh penyidik lembaga antirasuah, untuk tidak menggunakan kopiah haji ketika menggelar Operasi Tangkap Tangan (OTT).

Pernyataan Agus itu terlontar ketika memberikan sambutan dalam kegiatan 'Silaturahmi Kebangsaan dan Doa Bersama untuk Negeri' dengan narasumber KH. Ahmad Muwafiq atau Gus Muwafiq di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Rabu (20/11/2019).

"Jadi kawan-kawan semua, tujuan kita bertemu hari ini adalah marilah kita apalagi sebagai penegak hukum, apa, pak Saut sebutnya apa? Inklusif selalu, imparsial selalu di tengah. Jadi saya harapkan simbol yang biasanya dipakai pribadi hanya di pakai yang pribadi itu misalnya kopiah haji, itu nanti kalau anda kerja enggak usah dipakai, tapi kalau ke masjid dipakai," kata Agus dalam sambutannya.

 Baca juga: Sambangi KPK, Ustadz Abdul Somad Harap Pimpinan yang Baru Amanah

Agus menjelaskan, hal itu berkaitan dengan perbuatan dan kinerja yang profesional. Menurutnya, sebagai penegak hukum harus melihat sesuatu secara luas.

"Jadi kita sebagai penegak hukum harus memikirkan imparsial, bayangkan kalau kita menangkap orang dengan menggunakan kopiah haji, yang ditangkap dari agama lain gimana? Itu tak boleh. Iya kan? Jadi kita harus menjaga independensi kita, imparsial kita, inklusfness kita," ujar Agus.

Dengan adanya imbauan itu, Agus berharap tradisi berbangsa dan bernegara sesama rakyat Indonesia dapat diperkuat lagi kedepannya.

 Baca juga: Datangi KPK, Lili dan Nurul Ghufron Ingin Adaptasi Sebelum Dilantik

"Mohon cara berbangsa dan bernegara lebih dikuatkan dengan pertemuan hari ini. Memang tujuannya membangun komunikasi, memperkuat silaturahim," tutup Agus. (wal)

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini