nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kapolri: 74 Orang Ditangkap Usai Bom Bunuh Diri di Polrestabes Medan

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Rabu 20 November 2019 13:21 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 11 20 337 2132182 kapolri-74-orang-ditangkap-usai-bom-bunuh-diri-di-polrestabes-medan-XfMsebdoaF.jpg Kapolri Jenderal Idham Azis saat RDP di DPR (foto: Okezone.com/Harits)

JAKARTA - Kapolri Jenderal Idham Azis menyatakan, pihaknya sudah menangkap 74 terduga teroris usai teror bom bunuh diri di Mapolrestabes Medan, Sumatera Utara, pada 13 November 2019 lalu.

Hal itu dikatakan Idham saat rapat dengan Komisi III DPR RI, Rabu (20/11/2019) di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat.

“Pengungkapan kasus bom bunuh diri di Mapolrestabes Medan yang terjadi pada tanggal 13 november 2019. Selain mengungkap identitas pelaku bom bunuh diri dalam 8 hari pasca peristiwa tersebut, Polri juga berhasil menangkap 74 orang tersangka jaringan teror di 10 wilayah,” kata Idham.

 Baca juga: Densus 88 Tangkap 2 Terduga Teroris di Medan Terkait Bom Bunuh Diri

Idham menjelaskan, 74 orang yang ditangkap dalam 10 wilayah yang berbeda. Dimana ia merincikan 30 orang ditangkap di Sumatera Urara; 11 orang di Jawa Barat; 11 orang di Jawa Tengah; Pekanbaru 5 orang; Banten 5 orang; Kalimantan Timur 4 orang; DKI Jakarta 3 orang; Aceh 2 orang; Jawa Timur 2 orang dan 1 orang di Sulawesi Selatan.

“Serta anak-anak Densus masih terus bergerak,” bebernya.

 Baca juga: Bomber Polresta Medan Sempat Latihan di Tanah Karo

Kemudian, Idham menyatakan teror kasus penyerangan kepada mantan Menko Polhukam Wiranto Pandeglang, Bangen dengan teror bom bunuh diri di Mapolrestabes Medan, Sumatera Utara dilakukan oleh kelompok yang sama yakni anggota Jamaah Ansharut Daulah (JAD). Mereka, terpapar ajaran terorisme melalui media sosial.

“Para pelaku terpapar radikalisme melalui media sosial, sehingga memiliki tujuan menyerang pemerintah dan aparat kepolisian karena dianggap sebagai thogut,” imbuh Idham.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini